Ubaya Mendorong Warga Berprestasi di Bidang Lingkungan hayuning August 22, 2022

Ubaya Mendorong Warga Berprestasi di Bidang Lingkungan

SURABAYA: Pusat Pemberdayaan Komunitas Perkotaan Universitas Surabaya (Pusdakota Ubaya) mengadakan Lomba Lingkungan Hidup dan UMKM antar-RT untuk warga sekitar Kampus Ubaya Kelurahan Kalirungkut Surabaya dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia dan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 77.
Lomba Lingkungan Hidup diadakan Pusdakota dalam Upaya Membentuk habit warga, sehingga warga siap mengikuti lomba-lomba serupa yang lebih besar atau lebih tinggi tingkatnya seperti contoh nya lomba Surabaya Smart City (SSC). Warga tidak akan kebingungan atau mengadakan sesuatu yang belum ada menjadi ada, akan tetapi memaksimalkan yang sudah ada menjadi lebih baik.
Lomba Lingkungan Hidup kali ini metode yang digunakan berbeda dengan tahun lalu, jika tahun lalu peserta mengirimkan Profil kampung lewat video lalu dilakukan cek lokasi, sedangkan tahun ini peserta melakukan Presentasi Profil kampung di depan Dewan Juri secara langsung pada tanggal 3 Agustus 2022 lalu. Dan Dewan Juri serta Tim Pusdakota Ubaya melakukan check lokasi ke kampung peserta untuk melakukan verifikasi antara presentasi dengan kondisinya senyatanya pada tanggal 10 Agustus 2022
Pada tahun ini Lomba UMKM dibatasi dengan 1 RT mengirimkan hanya 2 UMKM. Peserta UMKM juga melakukan presentasi profil UMKM sekaligus pameran produk nya. Dalam lomba UMKM salah satu penilaiannya adalah Kemasan Produk, Laporan Keuangan, Upaya dalam mempertahankan keberlanjutan UMKM termasuk salah satunya upaya pemasaran.
Pada saat Dewan Juri dan Tim Pusdakota cek lokasi ke kampung peserta, Tim merasakan senang dengan kondisi lingkungan yang ada. Peserta mau belajar dan menerapkan Inovasi yang sudah diberikan oleh Pusdakota Ubaya yaitu Pelatihan Edukasi lingkungan salah satunya adalah Budidamber dan Ecoenzym yang diterapkan dengan skala kampung.
Pemenang diumumkan pada tanggal 13 Agustus 2022. Selamat buat seluruh Pemenang Lomba Lingkungan Hidup dan UMKM sebagai berikut:
Juara I Lomba Lingkungan Hidup sekaligus presenter terbaik pertama oleh RT 03 RW 07
Juara II Lomba Lingkungan Hidup sekaligus presenter terbaik kedua oleh RT 06 RW 07
Juara III Lomba Lingkungan Hidup sekaligus presenter terbaik ketiga oleh RT 04 RW 14
Juara I Lomba UMKM SiKusem ndash; RT 06 RW 07
Juara II Lomba UMKM Kerupuk Zaenab RT 06 RW 08
Juara III Lomba UMKM Dapur Emak RT 03 RW 07
Peringkat ke 4 Lomba UMKM Sekawan Snack RT 05 RW 07
Peringkat ke 5 Lomba UMKM Jamu Bu Ina RT 03 RW 07
Harapan dari Pusdakota Ubaya, ke depannya partisipasi warga semakin tinggi dalam upaya mengikuti Lomba Lingkungan Hidup dan bagi para kader teruslah menjadi penggerak dan menginspirasi warga sekitar dalam upaya menjaga lingkungan tetap bersih dan hijau. (Ririn Teguh Setyowati)
Sumber: Kempalan.com