Berkolaborasi dengan Turnitin, Ubaya Gelar Seminar Nasional Integritas Akademik samueldim October 12, 2022

Berkolaborasi dengan Turnitin, Ubaya Gelar Seminar Nasional Integritas Akademik

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Rabu, 12 Oktober 2022 Direktorat Perpustakaan Universitas Surabaya (Ubaya) mengadakan Seminar Nasional dengan tajuk “Integritas Akademik Mendukung Luaran Pembelajaran dan Reputasi Institusi”. Tujuan dari kegiatan ini adalah memberikan wawasan kepada peserta terkait integritas akademik. Dr. Ide Bagus Siaputra, S.Psi., selaku Wakil Dekan II Fakultas Psikologi Ubaya dan Patti West-Smith selaku Director of Customer Engagement Turnitin hadir sebagai narasumber pada acara ini. Ratusan peserta dari kalangan dosen, pustakawan, mahasiswa, serta umum hadir secara daring melalui Zoom dan luring di Perpustakaan lt.5 Kampus II Ubaya, Tenggilis.

The, Jaya Suteja, S.T., M.Sc., Ph.D., selaku Ketua Departemen Pengembangan Karakter Kebangsaan, Multikultur, dan Interprofesional (PKKMI) Ubaya hadir memberikan sambutannya pada seminar kali ini. “Seminar ini sejalan dengan pengembangan karakter lulusan perguruan tinggi, tak terkecuali Ubaya yang juga concern dengan karakter serta integritas akademik,” ujar Jaya. Menurutnya, lulusan perguruan tinggi sebaiknya tidak hanya excellent di bidang akademik, tetapi juga harus memiliki integritas akademik. Oleh karena itu, Ubaya menyediakan berbagai fasilitas seperti mata kuliah literasi digital yang memperkenalkan mahasiswa pada penyimpangan dalam integritas akademik, seperti fabrikasi, plagiarism, dan sebagainya. “Semoga seminar ini dapat menambah wawasan kita, sehingga mampu menumbuhkan integritas akademik di lingkungan pendidikan. Hal tersebut juga diharapkan dapat mendukung lahan pembelajaran dan reputasi institusi Indonesia,” tutup Jaya.

Selain Jaya, Amirul Ulum, S.Sos., M.IP., selaku Direktur Perpustakaan Ubaya turut memberikan sambutannya. “Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama Perpustakaan Ubaya dengan Turnitin,” ujar Amirul. Tak sampai di situ, Amirul juga menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan komitmen Ubaya untuk memegang teguh integritas akademik sebagai landasan utama dalam menghasilkan karya ilmiah serta lulusan yang berkualitas. “Saya berharap kerja sama ini tetap terselenggara dengan baik dan lancar serta bermanfaat bagi kita semua, sehingga dapat memberikan sumbangsih pada publikasi di tingkat nasional dan internasional,” pungkas Amirul.

Sementara itu, Yovita Marlina selaku Senior Manager Turnitin Indonesia juga hadir pada seminar kali ini. Dengan hangat, ia menyapa para narasumber dan peserta yang hadir saat itu. Tak lupa Yovita menceritakan sedikit tentang awal bergabungnya Ubaya dengan Turnitin. “Ubaya merupakan pelanggan pertama dari Turnitin. Ubaya juga merupakan salah satu kampus yang pertama kali mengadakan seminar secara tatap muka dengan Turnitin,” imbuh Yovita. Maka dari itu, Yovita berharap acara kali ini dapat memberikan manfaat bagi seluruh pihak yang terlibat. “Harapannya, para peserta dapat memperoleh manfaat dari seminar kali ini,” ungkapnya.

Seminar ini menarik perhatian banyak peserta, salah satunya Marshella Novada yang merupakan mahasiswi Fakultas Hukum Ubaya 2022. “Saya mengikuti acara ini untuk menambah wawasan, pengalaman, serta inovasi baru mengenai integritas akademik,” ujarnya. Kegiatan berlangsung baik hingga para peserta merasakan berbagai manfaat dengan mengikuti seminar nasional ini. Marshella pun menuturkan, “Seminarnya menarik sehingga terus memperoleh informasi yang luas.”(RE2,dhi)