Nation Festival 2022: Menumbuhkan Semangat Kebangsaan melalui Budaya samueldim August 1, 2022

Nation Festival 2022: Menumbuhkan Semangat Kebangsaan melalui Budaya

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Semarak lagu nasional “Gebyar-Gebyar” menjadi tanda dibukanya Nation Festival 2022 pada 29 Juli lalu. Festival tersebut merupakan program tahunan yang dimiliki oleh Kementerian Nasionalisme Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Surabaya (BEMUS). Pada kesempatan kali ini, Nation Festival diadakan secara luring di Plaza Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya (FBE Ubaya). Adapun tema dari Nation Festival 2022 adalah “Pradana Bangsa Bintara” yang artinya para pemimpin bangsa yang bersemangat dan bergelora. Terlihat ratusan peserta dari berbagai instansi ikut serta memeriahkan acara ini. Sesuai dengan temanya, Nation Festival bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, keinginan, dan kepedulian masyarakat Ubaya serta umum, akan pentingnya rasa semangat kebangsaaan di masa kini maupun di masa yang akan datang nantinya.

Pada kesempatan kali ini, tim panitia mengundang narasumber yang ahli di bidangnya, yaitu Prof. Dr. (H.C.) Dahlan Iskan sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ke-7 Indonesia pada periode 2011-2014 lalu. Nation Festival 2022 juga dimeriahkan dengan berbagai penampilan kebudayaan, yaitu tarian Jejer Kembang Menur asal Banyuwangi dan serta tari Sorote Lintang. Festival kali ini juga mengundang band Aldebaran serta DJ Tripleks sebagai bintang tamu. Tak hanya itu,Ubaya Choir juga turut menyumbangkan penampilannya dalam menyemarakkan Nation Festival 2022.

Acara dibuka oleh Ir. Benny Lianto, M.M.B.A.T. selaku Rektor Ubaya dengan memberikan sambutan hangat kepada peserta dan bintang tamu yang hadir. Menurutnya, Ubaya sebagai kampus multikultural menjunjung tinggi nilai-nilai nasionalisme. “Bahkan hal ini juga tampak pada setiap acara kemahasiswaan yang ada, salah satunya Nation Festival 2022,” ungkapnya. Ia juga menambahkan bahwa acara Nation Festival 2022 ini telah menunjukkan rasa kebangsaan yang besar, terutama melalui berbagai kebudayaan yang ditunjukkan. “Tak hanya itu, rasa kebangsaan juga ditunjukkan melalui topik yang akan diangkat pada talkshow hari ini, yaitu Hak Asasi Manusia,” tutur Benny.

Lebih lanjut, Gavriel Heavenly Blessing Torar sebagai Ketua Acara dari National Festival 2022 juga menyampaikan sambutannya kepada para hadirin. “Pada dasarnya festival ini hendak menyuguhkan keindahan dan kekayaan budaya di Indonesia, demikian dapat tercipta rasa cinta tanah air,” ungkap mahasiswa Fakultas Hukum angkatan 2020 tersebut. Gavriel juga menyampaikan harapan bersama dengan materi yang diberikan pada festival ini dapat tercipta karakter mahasiswa yang memahami, menanggapi dan mengatasi pelanggaran akan hak asasi manusia, khususnya di masa saat ini maupun masa akan datang.

Acara yang begitu meriah menarik banyak sekali tanggapan positif dari peserta, salah satunya Putri Alexandra Possner, mahasiswi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya angkatan 2020. “Nation Festival tahun ini begitu spektakuler dan menyenangkan, namun tentunya tetap berbobot dengan berbagai materi yang disampaikan,” ungkap Putri. Ia juga menambahkan bahwa festival ini menjadi kegiatan yang tepat untuk tetap produktif selama liburan berlangsung. Tak lupa ia juga menyampaikan harapannya kepada pihak panitia untuk terus membentangkan semangat kebangsaan, terutama di lingkungan Ubaya. Di akhir, ia juga mengajak mahasiswa Ubaya untuk ikut serta dalam berbagai kegiatan nasionalisme kedepannya. “Dengan demikian, para mahasiswa dapat menjadi ujung tombak penegakkan semangat kebangsaan,” tutup Putri. (pmt)