Mengenal Gemastik sebagai Ajang Berprestasi Mahasiswa samueldim July 31, 2022

Mengenal Gemastik sebagai Ajang Berprestasi Mahasiswa

Reportase Warta Ubaya (@wartaubaya)

Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Surabaya (Ubaya) mengadakan Webinar Mengenal Gemastik pada 22 Juli lalu. Webinar ini diadakan dalam rangka mempersiapkan diri menghadapi Pagelaran Mahasiswa Nasional Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (Gemastik) yang akan datang. Mengangkat slogan “Giat Semangat dalam Berkompetisi, Usia Muda Bukan Halangan untuk Berprestasi”, acara ini bertujuan memperkenalkan serta memotivasi mahasiswa Ubaya khususnya untuk berpartisipasi dalam kompetisi Gemastik mendatang.

Memenuhi tujuan tersebut, pihak Ubaya mengundang dua pembicara berpengalaman dalam bidang Gemastik. Pembicara pertama adalah Dr. Diva Kurnianingtyas S.Kom., selaku Dosen Teknik Informatika Universitas Brawijaya yang menyampaikan terkait motivasi Gemastik. Pembicara kedua adalah Irzal Ahmad Sabilla S.Kom., M.Kom., sebagai Dosen Teknologi Informasi Institut Teknologi Surabaya (ITS), sekaligus Juara Gemastik XI yang diadakan pada tahun 2018 lalu. Diadakan secara daring melalui Zoom Meeting, puluhan peserta terlibat aktif dalam acara ini.

Dr. Joko Siswantoro S.Si., M.Si., sebagai Ketua Program Studi Teknik Informatika Ubaya membuka webinar dengan menyambut hangat para peserta serta pembicara. “Gemastik sejatinya adalah pagelaran tahunan yang diadakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Puspresnas Kemdikbud RI),” jelas Joko. Menurutnya, Gemastik ini dapat menjadi ajang bergengsi bagi mahasiswa informatika terkhususnya untuk menorehkan prestasinya di skala nasional, bahkan internasional. Ia juga menambahkan pada Gemastik ke-15 ini nantinya akan ada sebelas total cabang lomba, yaitu data mining, pemrograman, desain pengalaman pengguna, animasi, kota cerdas, karya tulis ilmiah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), pengembangan perangkat lunak, pengembangan aplikasi permainan, pengembangan bisnis TIK, keamanan siber, serta piranti cerdas, sistem benam, dan IoT (Internet of Things).


“Apabila pada periode sebelumnya dilaksanakan secara daring, pada Gemastik ke-15 ini terkhususnya akan kembali dilaksanakan secara luring dengan Universitas Brawijaya sebagai tuan rumah,” tutur Joko. Menanggapi hal tersebut, ia menegaskan bahwa Ubaya mendukung penuh mahasiswanya yang ingin mengembangkan dirinya di ajang kompetisi Gemastik XV nantinya. “Salah satunya melalui sosialisasi ini, diharapkan dapat mendukung mahasiswa dalam segi pemahaman dan motivasi untuk melangkah kedepannya,” jelas Joko. Tak lupa, ia juga menyampaikan harapannya bagi para mahasiswa untuk memberikan usaha yang terbaik agar dapat menorehkan prestasi dan membanggakan nama Ubaya kedepannya. “Melalui ajang seperti Gemastik inilah dapat disimpulkan bahwa usia muda tidak menjadi halangan semangat mahasiswa untuk berkompetisi,” tutup Joko. (pmt)