Progres Pembangunan Rumah Sakit Ubaya Sudah 75 Persen samueldim July 11, 2022

Progres Pembangunan Rumah Sakit Ubaya Sudah 75 Persen

Universitas Surabaya (Ubaya) akan segera memiliki rumah sakit pendidikan untuk mahasiswa fakultas kedokteran. Saat ini progres pembangunan Rumah Sakit Pendidikan Ubaya (RSPU) yang berlokasi di Jalan Raya Panjang Jiwo Permai itu sudah terbangun 75 persen. Harapannya, tahun ini gedung tersebut rampung dibangun.
Dekan FK Ubaya Prof dr Rochmad Romdoni SpPD SpJP (K) FIHA FASCC mengatakan, rencananya soft opening gedung RS Pendidikan Ubaya itu dilakukan awal tahun depan. Di RS Pendidikan Ubaya nanti tidak hanya ada pelayanan kesehatan, tetapi juga pendidikan dokter muda.
”Gedung RS Pendidikan Ubaya akan dibangun 10 lantai. Di situ ada ruang jaga dokter muda, ruang diskusi dokter muda, ruang untuk dosen, dan ruang pertemuan dokter muda. Selain itu, juga ada pelayanan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial),” katanya kepada Jawa Pos kemarin (22/6).
RS Pendidikan Ubaya akan menjadi rumah sakit tipe B dengan fasilitas 300 bed. Sekitar 117 bed akan digunakan untuk pelayanan kelas III. Saat ini Ubaya juga tengah mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang akan bertugas di RS Pendidikan tersebut.
Proses rekrutmen SDM sudah berlangsung. ”Sekarang pendaftaran masih berlangsung. Pendaftar sementara sudah ada 3.000-an orang. Ternyata, banyak orang yang membutuhkan pekerjaan,” ungkapnya.
Romdoni menuturkan, Ubaya merekrut perawat, dokter, dan pekerja nonmedis. Harapannya, enam bulan sebelum soft opening RS Pendidikan Ubaya, SDM sudah terekrut. ”Kebutuhannya sekitar 200 SDM. Nanti berkembang dengan berjalannya waktu. Jika minat pasien yang datang banyak, akan ditambah SDM-nya,” imbuhnya.
Saat ini FK Ubaya telah membuka pendaftaran. Kuota tahun ini 100 kursi untuk mahasiswa kedokteran. Jumlah tersebut disesuaikan dengan fasilitas dan dosen pengajar. ”Kami mengutamakan kualitas,” kata dia.
Romdoni mengatakan, FK Ubaya dibuka sejak 2016. Tahun ini akan ada pelantikan dokter muda pertama yang ditelurkan oleh FK Ubaya.
Sumber: jawapos.com