Meriahkan Dies Natalis ke-54, Beasiswa Semar Ubaya Capai Potongan Hingga 100 Persen samueldim March 9, 2022

Meriahkan Dies Natalis ke-54, Beasiswa Semar Ubaya Capai Potongan Hingga 100 Persen

Bertepatan dengan perayaan Dies Natalis ke-54, Universitas Surabaya (Ubaya) kembali memberikan Beasiswa Sebelas Maret (Beasiswa Semar). Pendaftaran beasiswa dibuka selama dua hari pada tanggal 10 hingga 11 Maret 2022. Beasiswa ini membuka kesempatan berkuliah dengan biaya terjangkau bahkan bebas biaya. Calon pendaftar yang ingin mendaftar di fakultas yang ada di Ubaya baik untuk jenjang D3, S1, S2, atau S3, berkesempatan mendapat potongan hingga 100% USP (Uang Sumbangan Pendidikan) dan UPP (Uang Penyelenggaraan Pendidikan).

Rektor Ubaya, Dr. Ir. Benny Lianto, M.M.B.A.T., menyebut bahwa beasiswa ini hadir sebagai wujud kepedulian Ubaya terhadap anak-anak muda Indonesia yang memiliki kesulitan untuk melanjutkan studi karena kendala ekonomi. “Ada banyak sekali generasi muda yang berpotensi dan kita tidak ingin mereka menunda atau bahkan memutuskan untuk tidak kuliah. Mereka masih punya kesempatan untuk studi dengan biaya terjangkau bahkan bebas uang kuliah,” ujarnya.

Beasiswa Semar adalah beasiswa Ubaya yang dikeluarkan hanya pada momen hari ulang tahun Ubaya, yaitu 11 Maret. Beasiswa ini sudah diluncurkan sejak tahun 2021. Tanggal dies natalis menjadi kombinasi angka khas pada nominal biaya pendaftaran beasiswa, yaitu Rp 113.000.

Berikut syarat dan ketentuannya:

  1. Tidak terdaftar dalam program beasiswa Ubaya lainnya.
  2. Lulusan tahun 2021 dan 2022 untuk Program Diploma dan Sarjana (bagi Magister dan Doktoral tidak ada pembatasan tahun kelulusan)
  3. Hanya bisa memilih satu jurusan untuk setiap form pendaftaran

Alur proses pendaftaran terbagi untuk jenjang sarjana (S-1) dan pascasarjana (S-2 dan S-3). Calon mahasiswa yang mendaftar untuk jenjang S-1 dapat melakukan pendaftaran di laman daftar.ubaya.ac.id yang menampilkan pilihan Periode Terima Semar. Pendaftar dapat melengkapi data diri dan data lain yang tertera. Untuk pascasarjana, pendaftaran dapat dilakukan di website daftarpasca.ubaya.ac.id dan mengisi data yang dibutuhkan.

Untuk Calon Mahasiswa yang telah mendaftar terlebih dahulu sebelum pendaftaran Beasiswa Semar ini dibuka dan telah melakukan pembayaran Uang Sumbangan Pendidikan (USP) juga berkesempatan mengajukan Beasiswa Semar tetapi dengan melakukan proses pendaftaran awal. Calon pendaftar yang telah melakukan proses pendaftaran awal ini akan mendapatkan nomor pendafatar yang baru sesuai dengan periode penerimaan Beasiswa Semar.

Beasiswa terbagi menjadi enam kategori berdasarkan pemotongan USP dan UPP serta berlakunya lama masa studi. Bagi penerima beasiswa SEMAR 1, pendaftar mendapat potongan 100% USP dan UPP selama masa studi normal. SEMAR 2, mendapat potongan 100% USP dan UPP selama satu tahun. Sedangkan, SEMAR 3, mendapat potongan 100% USP dan UPP selama perkuliahan di semester satu. Untuk beasiswa SEMAR 4, 5, dan 6, pendaftar akan mendapat potongan USP dan UPP selama semester satu. Bedanya, di SEMAR 4, pendaftar mendapat potongan sebesar 80%, SEMAR 5 sebesar 50%, dan SEMAR 6 sebesar 20%.

Biaya seleksi dikenakan pada fakultas dan jenjang tertentu. Seleksi untuk jenjang Magister dikenakan biaya sebesar Rp 400.000, sedangkan Doktoral sebesar Rp 1.600.000. Masing-masing dibayarkan sebelum melakukan tes masuk. Khusus untuk calon pendaftar Fakultas Kedokteran dapat membayar biaya seleksi sebesar Rp 800.000 sebelum melaksanakan Tes Potensi Akademik (TPA).

Penentuan beasiswa akan diumumkan tanggal 18 Maret 2022 di Web Daftar Ubaya. Khusus untuk Fakultas Kedokteran, Masgister Psikologi Profesi, dan Doktoral Psikologi, pengumuman akan dikirimkan ke email pendaftar.

Melalui beasiswa ini, Rektor Ubaya, Dr. Ir. Benny Lianto, M.M.B.A.T., berharap dapat mengisi kebutuhan pendidikan yang berkualitas bagi generasi muda di Indonesia. “Saya percaya kehadiran beasiswa Semar dapat menjadi solusi terbaik bagi masyarakat Indonesia agar bisa tetap berkuliah dan merasakan kualitas pendidikan terbaik di Universitas Surabaya,” ujarnya.

Info selengkapnya kunjungi: https://ubaya.id/infosemar2022 (el, gp)