Gandeng UIH, Unipa Maumere Gelar ToT Bagi Dosen samueldim February 23, 2022

Gandeng UIH, Unipa Maumere Gelar ToT Bagi Dosen

SIKKA NTT, wartaterkini.news ndash; Universitas Nusa Nipa Maumere bekerja sama dengan UIH (Ubaya Innovaction Hub) menggelar Training of Trainer (ToT)/Pelatihan bagi dosen pengampu mata kuliah Kewirausahaan dan Mata Kuliah Inovasi dan Startup Digital. Kegiatan ini berlangsung sejak 02 Februari hingga 05 Februari 2022.
Kepada media ini, Kamis (10/02/2022), Kepala Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjamin Mutu (LP3M) Univeritas Nusa Nipa Theresia E. Beci da Cunha, S.Kom., MH., menjelaskan bahwa Pelatihan/ Training of Trainer (ToT) bagi dosen ini merupakan tuntutan kurikulum Nasional khususnya di Perguruan Tinggi.
Menurut Theresia, tuntutan kurikulum nasional tersebut yakni, program Merdeka Belajar Kampus Merdeka sekaligus mendukung upaya Kemendikbud Ristek yang menjadikan Startup Digital sebagai mata kuliah wajib.
“ToT ini kami laksanakan dalam rangka mendukung program Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) untuk menjadikan Star Up Digital sebagai Mata Kuliah Wajib Universitas Nusa Nipa,” ungkapnya.
Sehingga kata dia, diharapkan pelatihan ini dapat memperkuat kapasitas dosen guna memahami metodologi pembelajaran yang diajarkan bagi mahasiswa dan mahasiswi.
Hal tersebut juga sejalan dengan Visi baru Kampus Unipa yaitu, menjadi Universitas unggul yang mampu berkiprah di tingkat Nasional, dimana UNIPA telah menetapkan mata kuliah Kewirausahaan dan mata kuliah Inovasi dan Startup Digital sebagai matakuliah Wajib Universitas demi turut serta menyukseskan Visi Presiden Jokowi Indonesia Hebat 2045, tutur Beci da Cunha.
Selain itu kata dia lagi, secara operasional ToT ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan secara teoritis maupun praktik tentang kewirausahaan, Inovasi berbasis digital mulai dari aspek permodalan, aspek operasional, aspek pemasaran, aspek legal/HKI dan bagaimana memahami lingkungan bisnis yang inovatif, kreatif dan berdaya saing di tengah era disrupsi akibat pandemi covid 19 maupun era industri 4.0.
Kemudian dengan mengamati perkembangan startup digital di Indonesia setiap tahunnya terus mengalami peningkatan yang signifikan lanjut Beci da Cunha, maka diharapkan juga melalui pelatihan/ Training of Trainer ( ToT) ini, para Dosen dapat mendampingi atau memotivasi setiap mahasiswa/i untuk bisa membuat/mengembangkan startup digital yang lebih masif dan berkualitas.
Informasi yang dihimpun media ini, peserta pelatihan berjumlah 43 dosen pada setiap Prodi (Program Studi). Pelatihan ini bekerjasama dengan UBAYA INNOVACTION HUB (UIH) Surabaya yang dilakukan secara daring.
Adapun narasumber dalam ToT ini, Prof. Drs.ec. Sujoko Efferin, M. Com (Hons), M.A.,Ph.D., membawakan materi tentang aspek keuangan; Prita Ayu Kusumawardhany, S.E.,M.M., SCM membawakan materi mengenai Design Thinking dan Aspek pemasaran.
Selanjutnya, Veny Megawati, S.T.,M.M.,SCM membawakan materi Aspek Operasional dan Aspek Permodalan; Irta Windra Syahrial, S.H.,M.S. membawakan materi Aspek Legal dan HKI; sedangkan Yayon Pamula Mukti, S.TP.,M.Eng membawakan materi Pitching, MVP dan BMC. (Frans Dhena/Red)
Sumber: wartaterkini.news