IISMA 2022: Raih Beasiswa Pendidikan di Luar Negeri samueldim February 18, 2022

IISMA 2022: Raih Beasiswa Pendidikan di Luar Negeri

Pada 13 Februari lalu, Universitas Surabaya (Ubaya) mengadakan webinar bertajuk Sosialisasi Persiapan Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) 2022. Tujuan dari acara ini sendiri yaitu memperkenalkan dan mengajak para mahasiswa Ubaya untuk mengikuti program IISMA. Webinar diadakan melalui aplikasi Zoom meeting dan diikuti oleh ratusan peserta dari berbagai instansi. Pihak Ubaya memfasilitasi webinar tersebut dengan dua pembicara, yaitu Adi Tedjakusuma B.Bus, M.Com., sebagai Direktur Kerjasama Kelembagaan Ubaya dan Aileen Tanjung seorang Mahasiswi Fakultas Teknik Program Studi Teknik Industri Ubaya sekaligus Peserta IISMA 2021. Penjelasan materi dari Adi ditambah sharing pengalaman oleh Aileen diharapkan dapat memberikan gambaran yang jelas terkait IISMA 2022.

Adi membuka sesi dengan menjelaskan deskripsi singkat dari IISMA. Menurutnya program ini adalah hibah offline ke perguruan tinggi asing terkemuka di dunia yang merupakan bagian dari gerakan Merdeka Belajar Kuliah Merdeka (MBKM). “Program ini sangat menguntungkan karena selain kuotanya yang besar, nilai hibah yang diberikan pun lebih dari cukup apabila hanya untuk kebutuhan sehari-hari disana,” jelas Adi. Tak hanya itu, persyaratan yang diberikan juga tidak kompleks. Adi menjelaskan dua persyaratan mutlak program ini, yaitu Grade Point Average (GPA) minimum 3.00 dan official English Language Proficiency (TOEFL, IELTS, atau Duolingo). Selain itu juga ada beberapa persyaratan umum seperti mahasiswa aktif, esai, dan sebagainya.

Aileen menyambung sesi diskusi dengan menceritakan pengalamannya meraih beasiswa dan bergabung bersama IISMA. Menurutnya, GPA menjadi langkah awal yang menunjang keberhasilan kita dalam seleksi IISMA nantinya. Selain itu, skor dari English Language Proficiency tentunya juga menambahkan poin penting mengingat perannya sebagai bahasa sehari-hari nantinya. “Semakin tinggi nilai dan skor yang diberikan akan memperbesar peluang untuk kalian dapat lolos dari seleksi IISMA nantinya,” terangnya. Selain GPA dan Proficiency, tahap selanjutnya adalah esai, resume, serta wawancara untuk mengetahui minat bakat dari peserta IISMA. “Akhir kata, program ini menawarkan banyak sekali pengalaman dan benefit, jadi teruntuk kalian mahasiswa ubaya sangat patut mencoba bergabung bersama IISMA 2022,” ungkap Aileen.

Materi yang dibawakan dengan lugas dan detail dari pembicara nyatanya menarik banyak pertanyaan dari peserta. Salah satunya menanyakan terkait konversi mata kuliah apabila mengikuti program IISMA. Menjawab pertanyaan ini, Adi mengarahkan peserta untuk berdiskusi dengan Ketua Jurusan Fakultasnya setelah terpilih IISMA. “Hal ini dikarenakan tanggung jawab akan konversi mata kuliah berada di tangan ketua jurusannya masing-masing,” tutur Adi. Menurutnya meskipun IISMA merupakan bagian dari MBKM, akan tetapi masih perlu didiskusikan lagi karena kebijakan setiap universitas maupun fakultas itu berbeda. “Oleh karena itu, Ubaya terbuka bagi yang ingin mendiskusikan terkait rencana-rencana kalian kedepannya,” terangnya menutup sesi diskusi.(RE1,et)