Pengembangan Robot dalam Keperluan Industri samueldim December 14, 2021

Pengembangan Robot dalam Keperluan Industri

Kamis, 2 Desember 2021 Program Studi Teknik Elektro Universitas Surabaya (Prodi Teknik Elektro Ubaya) mengadakan acara bertajuk “Industrial Robotics Automation Class Program”. Dalam kesempatan ini, Prodi Teknik Elektro Ubaya bekerja sama dengan Perseroan Terbatas (PT) Handal Yesindo Sejahtera dan Maspion Information and Technology (IT). Acara ini diharapkan dapat mengedukasi siswa maupun pengajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) negeri dan swasta se-Jawa Timur dalam pengembangan robot industri. Diikuti oleh sedikitnya 309 peserta, acara diselenggarakan di Atrium Tahap 3 Maspion IT.

Acara dibuka oleh sambutan dari Ir. Okky Tri Hutomo, M.IT. selaku Direktur Maspion IT. “Kami turut menyampaikan selamat datang bagi para hadirin sekalian, nanti kita akan belajar bersama melalui acara ini,” tuturnya. Ia lalu mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak lain yang mendukung acara seperti Panasonic, Epson, dan Universal Robots. “Kegiatan ini merupakan salah satu wujud amanat kami terhadap pendidikan vokasi,” ujar Okky. Menurutnya, hal ini dikarenakan kegiatan vokasi sangat erat hubungannya dengan industri. “Semangat mewujudkan acara telah ditunjukkan oleh para hadirin dari SMK negeri maupun swasta se-Jawa Timur, Maspion IT, dan mitra kami yaitu Ubaya serta PT. Handal Yesindo Sejahtera,” ucap Okky mengakhiri sambutan.

Susilo Wibowo, S.T., M.Eng. selaku Ketua Jurusan Teknik Elektro Ubaya turut menyampaikan sambutan. “Saya ingin mengubah paradigma bahwa orang teknik elektro itu kerjaannya cuma menyolder,” ucap Susilo. Menurutnya, sekarang bidang elektro memerlukan pemahaman software dan tidak hanya hardware. “Hal ini dikarenakan perkembangan teknologi yang pesat, sehingga pengertian akan keduanya menjadi vital,” tuturnya. Pemahaman hardware dan software juga penting untuk perkembangan industrial robot yang semakin pesat. “Sesuai dengan filosofi ilmu teknik yaitu problem solving, perkembangan seperti ini akan membantu kita dalam menyelesaikan masalah,” ujar Susilo

Lebih lanjut, Susilo memaparkan bahwa alasan lain acara digelar adalah untuk memperkenalkan robot cerdas kepada masyarakat. “Selain itu, Ubaya juga berusaha untuk lebih mendekatkan diri ke SMK se-Jawa Timur,” jelasnya. Menurut Susilo, kurikulum SMK yang mendapat dasar-dasar ilmu elektro lebih sesuai sebagai target untuk memperkenalkan intelligent robot. Susilo juga menyampaikan harapannya agar Teknik Elektro Ubaya lebih dikenal oleh masyarakat luas. “Terutama bagi guru dan siswa-siswa sekolah menengah agar melihat Ubaya sebagai salah satu tujuan melanjutkan studi,” tutup Susilo.