Bahas Job Vacancy Bersama Politeknik Ubaya hayuning May 18, 2021

Bahas Job Vacancy Bersama Politeknik Ubaya

Jumat, 30 April 2021 Program Studi Bahasa Inggris Bisnis Politeknik Universitas Surabaya (Ubaya) mengadakan WebinarFun Business: Job Vacancy. Kegiatan ini dilaksanakan guna berbagi informasi terkait dunia kerja. Berlangsung menggunakan zoom, sedikitnya 28 peserta hadir pada hari itu. Program Studi Bahasa Inggris Bisnis Politeknik Ubaya mendatangkan dua dosennya sebagai narasumber yakni Claudius Bona, S. S., M. M dan Devi Rachmasari, S. S., M. M.

Claudius membuka diskusi dengan membahas “Tips Strategi Pencarian Tempat Kerja”. Menurutnya, terdapat beberapa cara sederhana yang dapat dilakukan guna mencari tempat kerja. “Bisa memanfaatkan situs jobseeker atau job fair, menyediakan referensi kerja, mengirim application letter dancurriculum vitae (CV), serta menjaga reputasi di media sosial,” jelasnya. Namun, Claudius berpendapat bahwa kita perlu mencari lowongan yang sesuai dengan minat kerja terlebih dahulu. “Bisa dilakukan dengan mengetahui hobi, interest, dan passion kita,” tuturnya. Selain itu, Claudius menegaskan bahwa mahasiswa politeknik ubaya tidak perlu khawatir karena 100 persen akan mendapatkan tempat kerja. “Perlu diingatkan untuk tidak terlalu memilih supaya tidak tertunda-tunda,” tegasnya.

Diskusi dilanjutkan Devi dengan membahas “Membuat Lamaran Kerja CV”. Menurutnya, kita perlu mengenal ide besar terkait surat lamaran kerja. “Kita menjual skill dan kompetensi yang ada dalam diri, supaya perusahaan akan tertarik untuk memilih teman-teman dibandingkan pelamar lain,” jelasnya. Namun, Devi menegaskan untuk memberi informasi yang relevan dengan pekerjaan dan jangan membuat pernyataan berlebihan. “Jika minat utama anda adalah gaji, jangan menyebutkan angka yang anda inginkan. Sebutkan berapa yang anda dapat saat ini,” lanjutnya.