Desain Sepatu Suro-Boyo, Mahasiswa Ubaya Sabet Juara hayuning March 23, 2021

Desain Sepatu Suro-Boyo, Mahasiswa Ubaya Sabet Juara

SURABAYA – Desain sepatu yang digagas Arby Maulana begitu kental dengan ciri khas Surabaya. Membawa tema Suro dan Boyo, laki-laki 21 tahun itu berhasil menyabet juara pertama I Custom Shoes Competition #IndonesiaMelangkah. Karya tersebut rencananya diproduksi Balai Pengembangan Industri Persepatuan Indonesia (BPIPI) bersama Sport Market Fest sebagai peyelenggara acara.
Arby menyatakan dirinya diajak teman untuk ikut kompetisi tersebut. Dia menyelesaikan desain tepat satu hari menjelang lomba ditutup pada 3 Februari saat itu. Meski singkat, sepatu bertema Suro dan Boyo itu menarik perhatian banyak orang. ‘Khususnya pecinta sneakers,’ kata mahasiswa Prodi Desain Manajemen Produk Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya (Ubaya) itu.
Subtema yang diangkat dalam kompetisi tersebut adalah kecintaan dan kedamaian. Sebab, Arby ingin mengangkat kecintaannya terhadap daerah tempat dirinya tinggal saat ini. ‘Saya tinggal di Surabaya. Jadi, saya tonjolkan ikon Surabaya,’ kata laki-laki asal Lombok itu.
Arby menjelaskan, sepatu bagian kanan menampilkan karakter boyo (buaya) dan kiri menonjolkan suro (hio). Gambar hiu didesain mengarah ke atas. Sementara itu, buaya mengarah ke bawah. Jika sepatu itu digunakan, membentuk Yin and Yang yang merepresentasikan keseimbangan. (ayu/c12/dio)
Sumber: Jawa Pos, 18 Maret 2021