Tangkap Peluang di Masa Depan hayuning March 15, 2021

Tangkap Peluang di Masa Depan

Ubaya Buka Enam Program dan Prodi Baru
Evolusi zaman tidak lepas dari peran engineering. Ubaya siap berperan aktif melahirkan engineers tangguh yang mampu menjadi pemimpin visioner.
Engineering dan engineers menghasilkan berbagai penemuan dan menyempurnakannya menjadi kemudahan. Teknologi industri menghasilkan produk konsumsi atau peralatan berharga tinggi dari bahan baku alam dan meningkatkan perekonomian. Temuan baru terus terjadi, perekonomian meningkat dengan peran engineering dan engineers. Engineering bukan semata-mata pengetahuan, analisis, atau penyelesaian masalah. Engineering menjembatani sains dengan kehidupan manusia dengan mewujudkan imajinasi menjadi realitas.
Fakultas Teknik Universitas Surabaya (Ubaya) secara berkelanjutan dan berperan aktif telah mencetak engineers melalui pendidikan keteknikan yang berkualitas. Hal itu menjadi salah satu upaya dalam mencetak generasi emas di era Revolusi Industri 4.0 sekaligus menjawab kebutuhan masyarrakat di bidang informatika, elektro, dan manufaktur. Yang terbaru, upaya Ubaya itu direalisasikan dengan membuka enam program baru yang bernaung di bawah fakultas teknik untuk program sarjana (S-1).
Empat di antara enam program baru Ubaya itu difokuskan pada teknik informatika. Pertama adalah data science artificial intelligence (DSAI) yang mempelajari bagian dari keilmuan informatika dengan menyinergikan disiplin ilmu komputer dan statistika. Kedua adalah game development ynag memberikan pembekalan komprehensif kepada mahasiswa tentang siklus perkembangan game mulai pre-production hingga proses publish. Ketiga adalah network cyber security yang fokus mempelajari bidang jaringan dan keamanan data.
Yang keempat adalah information management enterprise systems (IMES). Di dalamnya membahas manajemen, analisis, konsolidasi, pemrosesan, dan penyajian informasi untuk mendukung integrasi dan akselerasi proses bisnis di berbagai area fungsional sistem perusahaan. Penerapannya menggunakan teknologi informasi, algoritma, dan metodologi terkini.
Program baru Ubaya lainnya berasal dari teknik elektro yang berupa biomedical electronics. Mahasiswa akan mempelajari kombinasi ilmu bioologi dan teknik elektro dengan mengaplikasikan prinsip serta komponen elektronika pada bidang obat-obatan dan healthcare. Selain itu, ada program studi baru teknik mesin dan manufaktur atau mechanical manufacturing engineering. Jurusan baru itu akan menghasilkan kompetensi lulusan di bidang desain produk, teknologi manufaktur, dan sistem pengelolaan industri di era Revolusi Industri 4.0
Keenam program tersebut saat ini membuka pendaftaran untuk mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021.
Ubaya pun memiliki motivasi khusus menghadirkan program baru tersebut. Rektor Ubaya Benny Lianto menjelaskan, lima program dan satu prodi baru dibentuk sebagai pengembangan kurikulum dengan membaca kebutuhan masyarakat di kalangan industri dan usaha. Seiring kemajuan teknologi, Ubaya terus berupaya meningkatkan kualitas mutu pendidikan serta menghasilkan lulusan berkompeten serta berdaya saing dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0. Langkah itu juga diambil untuk mendukung program merdekab elajar kampus merdeka (MBKM) yang digagas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud).
‘Adanya lima program dan satu program studi baru di Ubaya bertujuan menjawab tantangan baru pada masa depan. Kami memberikan wadah dan kesempatan bagi mahasiswa ntuk memperdalam kemampuan di bidang yang diminati,’ ucap Benny.
Menurut dia, program baru itumendorong mahasiswa dapat lebih fokus pada bidang yang sesuai kemampuan serta minat yang ingin dikembangkan. Mahasiswa juga diajak dan berkesempatan memaksimalkan kapasitas akademik serta wawasan praktis untuk menjadi sumber daya manusia (SDM) yang relevan dengan masa depan sekaligus mampu berkontribusi di masyarakat.
Mahasiswa yang tertarik perkembangan era Revolusi Industri 4.0 atau transformasi digitalisasi industri dapat memilih data science artificial intelligence (DSAI). Jika tertarik pada game, mahasiswa dapat masuk ke program game development. Bekerja di industri game memiliki prospek yang menjanjikan setelah industri film dan musik. Menurut Asosiasi Game Indonesia (AGI), market gaming di Indonesia terus tumbuh. Diprediksi tahun 2030 Indonesia menjadi top 5 game market di seluruh dunia dengan revenue USD 4,3 miliar.
Selanjutnya, network cyber security dengan menerapkan kurikulum program di bidang network infrastructure technology, network security, data security, dan implementasinya di dunia industri. Program baru berikutnya adalah information mangement dan enterprise systems (IMES). Lulusan program itu akan memiliki kemampuan memanfaatkan teknologi terkini dan menerapkan algoritma untuk meningkatkan efektivitas serta efisiensi pengolahan informasi.
Sementara itu, mahasiswa yang tertarik dalam dunia elektro dapat memilih progam baru bernama biomedical electronics. Selain itu, ada program studi teknik mesin dan manufaktur atau mechanical manufacturing engineering. Program itu telah disandingkan dengan program sertifikasi di bidang desain rekayasa (engineering design). Melalui program itu, mahasiswa dapat memperoleh sertifikasi CSWA (certified Solidworks associate)-mechanical design. Sertifikat yang diakui internasional itu membuat lulusan memiliki keunggulan dalam berkompeisi di era Revolusi Industri 4.0. (c17/kkn)
Sumber: Sabtu, 6 Maret 2021