Bahas Insecure Bersama BEM Fakultas Teknik Ubaya hayuning February 26, 2021

Bahas Insecure Bersama BEM Fakultas Teknik Ubaya

Sabtu, 13 Februari 20201 Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Surabaya (BEM FT Ubaya) mengadakan acara Bincang Akrab Percintaan (BAPER). Kegiatan ini mengusungkan tema “Insecure: How To Build a Good Mindset in Relationship”. BAPER dilaksanakan guna membantu para mahasiswa melewati masalah dalam hubungan mereka. Berlangsung menggunakan zoom, sedikitnya 175 peserta hadir pada hari itu.

Kei Savourie selaku Founder kelascinta.com menjadi narasumber pada kesempatan kali itu. Menurut Kei, orang yang insecure itu tidak yakin dan tidak percaya dengan diri sendiri. “Jadi orang yang insecure butuh validasi dan secara konstan mencari pengakuan dari orang lain,” ujarnya. Kei menambahkan bahwa pria dan wanita memiliki insecure yang sama, jadi tidak hanya satu pihak saja.

Insecure dalam suatu hubungan itu dipengaruhi oleh rasa tidak yakin di aspek lainnya,” ujar Kei. Menurutnya, prasangka buruk akan muncul apabila kita merasa insecure. Salah satu contohnya adalah cemburu terhadap pasangan. “Saat awal mungkin senang saat pacar cemburu. Tapi kalau kita selalu merasa cemburu hubungan akan berjalan kurang baik,” jelasnya.

Beberapa cara untuk mengatasi insecure tutut dibagikan oleh Kei. “Jadi bisa use your body karena namanya pikiran dan badan adalah suatu kesatuan,” ujarnya. Hal ini dapat diterapkan dengan melakukan superman pose. Selain itu, Kei juga mengatakan bahwa ada faktor biologis yang mempengaruhi insecure. “Kamu bisa olah tubuh dengan olahraga dan makan yang sehat. Tidak ada orang yang capek merasakan insecure karena otak kita itu menjadi clear dan fresh,” ujarnya.

Pembahasan materi menarik banyak pertanyaan dari para peserta, salah satunya Audrey. “Apakah ada dampak baik dari adanya insecure?” tanyanya. Kei menjawab kalau insecure dapat memicu kita untuk meningkatkan diri. “Jadi lakukan suatu hal untuk mengatasinya jangan hanya mengatakan tanpa melakukan apa-apa,” jawabnya. (et)