Informatics Creative Festival 2021: Bagi Informasi Terkait Teknologi Pada Masyarakat samueldim October 15, 2021

Informatics Creative Festival 2021: Bagi Informasi Terkait Teknologi Pada Masyarakat

Sumber: freepik.com (@stories)

Fakultas Teknik Jurusan Informatika Universitas Surabaya (Ubaya) kembali mengadakan Informatics Creative Festival (ICF) 2021. Meskipun dalam keadaan pandemi, Ubaya tetap berkomitmen melaksanakan kegiatan tersebut dengan melakukan beberapa penyesuaian tanpa mengurangi manfaat yang didapat. ICF sendiri merupakan kegiatan yang terdiri atas pameran karya mahasiswa, seminar,community sharing, dan perlombaan. Berlangsung menggunakan zoom, kegiatan ini dilaksanakan selama tiga hari sejak 24 September 2021.

Reynard Halim selaku Ketua Acara ICF mengatakan bahwa acara ini mengangkat tema Into The Unnamed Land. “Adanya pandemi membuat hampir seluruh masyarakat harus keluar dari zona nyaman dan masuk ke era baru yang serba online,” tuturnya. Reynard rasa hal ini turut dilakukan oleh acara ICF. “Awalnya acara ini diselenggarakan dimall-mall yang ada di Surabaya. Namun, dikarenakan situasi pandemi acara ICF 2021 harus diselenggarakan secara online melalui media zoom,” jelasnya.

Lebih lanjut, Reynard juga menjelaskan tujuan berlangsungnya ICF. “Jadi mengenalkan bidang teknologi kepada masyarakat umum melalui seminar-seminar yang diadakan,” ujarnya. Selain itu, Reynard menambahkan bahwa ICF juga memperkenalkan Jurusan Teknik Informatika Ubaya. “Ada pos atau stand dalam breakout room zoom yang akan menyajikan beberapa tugas akhir karya mahasiswa,” tambahnya.

Sejatinya, Reynard menuturkan bahwa pengenalan ini ditujukan pada mahasiswa baru dan anak Sekolah Menengah Atas (SMA). “Tetapi kita tidak menutup kemungkinan bagi masyarakat umum. Maka dari itu, pada saat offline ICF diadakan di mall selama berhari-hari,’ jelasnya. Dengan berbagai rancangan kegiatan yang ada, Reynard berharap ICF dapat terus berjalan. “Kiranya acara ini dapat terus menjadi sarana untuk mengenalkan teknologi kepada masyarakat umum. Lalu juga dapat membuat Ubaya khususnya Fakultas Teknik Informatika dapat dikenal oleh semua orang,” tutupnya.(et)