Presentation Skill: Membuat dan Menyajikan Presentasi yang Menarik hayuning December 7, 2020

Presentation Skill: Membuat dan Menyajikan Presentasi yang Menarik

Konseling dan Pengembangan Diri Mahasiswa (KPDM) Universitas Surabaya kembali mengadakan Student Success Seminars pada Kamis, 12 November 2020. Bertajuk Presentation Skill, diharapkan para peserta mampu menata dan melakukan presentasi dengan baik setelah mengikuti seminar ini. Christabel Annora Paramita Parung, S.T., M.Sc., selaku Dosen Fakultas Industri Kreatif (FIK) Ubaya hadir sebagai pembicara pada Student Success Seminars kali ini. Sedikitnya 114 peserta turut hadir dalam seminar yang digelar secara daring melalui aplikasi Zoom.

Dalam materi yang dibawakan, Christabel menjelaskan berbagai tahapan yang bisa dilakukan agar sebuah presentasi dapat dikatakan baik bahkan memorable. Langkah awal yang dapat dilakukan yaitu preparation atau persiapan. Dalam tahap ini, orang yang akan melakukan presentasi bisa mencari tahu terlebih dahulu terkait audiensnya agar dapat mempermudah proses presentasi. “Kalau di kalangan mahasiswa, mungkin bisa diselipkan musik dan film yang sedang digemari, atau isu terkini yang sedang ramai dibicarakan,” ungkap Christabel. Menurutnya, orang akan lebih mudah tertarik dengan apapun yang ada dihadapannya apabila hal tersebut familiar bagi mereka.

Menyusun materi dengan menarik dan mudah dimengerti juga menjadi salah satu tahapan dalam mencapai presentasi yang baik. Hal ini disebabkan karena orang cenderung lebih tertarik dengan visual yang menarik dibandingkan materi presentasi yang hanya berisi tulisan. Selain itu, Christabel turut menekankan bahwa body language atau bahasa tubuh dan kontak mata dengan audiens juga merupakan hal yang penting untuk diterapkan selama presentasi berlangsung. “During the presentation, kalian harus fleksibel dan pastikan untuk melibatkan audiens dalam presentasi kalian,” ujar Dosen FIK Ubaya tersebut.

Sesi tanya jawab menjadi sesi penutup pada webinar kali ini. Salah satu peserta dari Fakultas Bisnis dan Ekonomika (FBE) Ubaya, Hana, menanyakan “Apakah kekurangan seperti pemalu dan sulit berbicara di depan umum bisa dilatih agar nantinya dapat membawakan presentasi dengan baik?” Menjawab pertanyaan tersebut, Christabel mengatakan bahwa sebelum melakukan presentasi di depan orang banyak, kita bisa mulai dari langkah kecil terlebih dahulu. “Bisa latihan di depan kaca, menghadapi diri sendiri. Kemudian coba untuk presentasi di depan keluarga atau teman-teman dekat. Ketika kalian berhasil dan fine, kalian akan bisa presentasi di depan orang lain,” tutup Christabel seraya tertawa.(RE4,jr)