Orang Tua Fondasi Perkembangan Anak hayuning October 21, 2020

Orang Tua Fondasi Perkembangan Anak

Ilustrasi: freepik.com (@freepik)

Seringnya, membuat orang tua bangga dan bahagia adalah hal yang mulia untuk dilakukan oleh seorang anak. Orang tua yang membanggakan dan membahagiakan anak juga seharusnya menjadi sebuah kewajiban pula. Seorang anak pun juga berhak untuk menerima kasih sayang dan dukungan yang dibutuhkan dari orang tuanya. Terutama ketika waktu untuk berinteraksi dengan anak menjadi lebih sering saat pandemi Covid-19 ini.

Semakin sering seseorang berinteraksi, maka kesempatan untuk mengalami konflik juga meningkat. Salah satu cara agar dapat mengurangi konflik adalah dengan lebih memahami anak itu sendiri. Lalu, apa yang harus dilakukan oleh orang tua untuk dapat memahami anaknya dan menciptakan hubungan yang harmonis? Mari kita lihat beberapa tips di bawah ini, dilansir dari buku “Becoming an Ideal Parent” oleh Idoko Joseph Onyebuchukwu, peneliti dan Psikolog Klinis dari Covenant University.

Pertama-tama, perhatikan gaya atau teknik parenting ideal. Gaya dan teknik parenting yang ideal adalah orang tua yang menerapkan aturan yang sesuai, dan disertai dengan kasih sayang yang cukup. Gaya pengasuhan ini disebut authoritative, menerapkan demokrasi dalam rumahnya. Keputusan orang tua tidak dimunculkan secara sepihak, tetapi juga melibatkan anak dalam diskusi. Hal ini akan memberikan anak pandangan bahwa dirinya berarti, karena anak memahami bahwa pendapatnya merupakan suatu hal yang bernilai. Orang tua yang menerapkan gaya parenting ini akan memiliki anak yang lebih baik dalam beradaptasi dengan lingkungan, menjalin hubungan sosial, bertanggung jawab, dan mandiri.

Kedua, orang tua harus memiliki panduan. Tidak ada cara yang benar untuk menjadi orang tua. Dengan adanya panduan, orang tua akan mampu memahami arah tujuan berinteraksi dengan anak secara umum, apa yang boleh dilakukan dan apa yang tidak boleh dilakukan. Dalam bukunya, Onyebuchukwu menulis beberapa hal yang mampu menjadi panduan dalam membangun hubungan yang baik dan harmonis dengan anak. Hubungan yang harmonis dengan anak, merupakan salah satu landasan keluarga yang bahagia. Ketika orang tua memahami pentingnya menjalin hubungan yang harmonis dengan anak, orang tua dan anak pun akan berubah menuju arah yang lebih positif.

Ketiga, beri pendidikan karakter untuk anak. Misalnya, orang tua perlu mengajarkan anaknya bagaimana cara bersikap dan menghormati orang lain, termasuk menghormati privasi orang tua dan anak. Kenalkan kualitas-kualitas yang akan membuat mereka sukses, dan jelaskan mengapa hal tersebut akan membuat mereka sukses. Tak lupa, penting untuk membahas hal-hal yang mampu menjaga keamanan dan keselamatan anak. Berikan anak kebebasan untuk mengambil keputusan dalam momen-momen penting di kehidupannya, dan ketika hasil dari keputusan itu membuat anak kecewa, bantu anak menjadikan hal tersebut sebagai sebuah pelajaran hidup baginya.

Keempat, bedakan komunikasi dengan memarahi. Komunikasi lebih efektif untuk berinteraksi dengan anak. Perhatikan minat dan bakat anak dan hargai hal tersebut. Hidup yang dijalani adalah milik anak dan hanya dirinya seorang. Orang tua dapat memberikan saran dan dukungan melalui komunikasi yang baik, ataupun kritik yang konstruktif, tetapi jangan beri tuntutan untuk memenuhi keinginan orang tua. Sebaliknya, ketika orang tua melakukan kesalahan kepada anaknya, komunikasikan dan akuilah kesalahan tersebut dengan disertai permintaan maaf. Menghabiskan waktu yang berkualitas dengan anak merupakan suatu keharusan untuk dilakukan, guna membangun komunikasi yang baik dengan anak.

Akhir kata, kesadaran bahwa cara orang tua dalam bersikap, berkata, dan berperilaku memiliki pengaruh yang sangat besar bagi anaknya. Meskipun orang tua bukanlah satu-satunya yang memiliki peran dalam kehidupan seseorang, tetapi orang tua adalah sosok yang paling pertama berinteraksi dengan anak. Sehingga interaksi orang tua dengan anak menjadi fondasi dalam perkembangan psikologis anak. (dw)

Sumber:

O’Connor, T. G., Scott, S. B. (2007). Parenting and Outcomes for Children. London: Joseph Rowntree Foundation.

Onyebuchukwu, I. J. (2014). Becoming An Ideal Parent. Pumark Nigeria Limited.