David da Silva Bakal Tinggalkan Persebaya dan Hengkang ke Borneo FC hayuning September 23, 2020

David da Silva Bakal Tinggalkan Persebaya dan Hengkang ke Borneo FC

Persebaya Surabaya masih melakukan negosiasi kontrak baru dengan David da Silva. Sampai saat ini, belum ada deal antara kedua pihak. Saat negosiasi berjalan alot, striker asal Brasil itu malah dikabarkan bakal merapat ke Borneo FC.
Benarkah Da Silva akan bergabung dengan tim berjuluk Pesut Etam tersebut? Jawa Pos langsung melakukan konfirmasi kepada pelatih Borneo FC Mario Gomez. ’’Tidak menutup kemungkinan kami membawa pemain baru. Bergantung regulasinya nanti seperti apa,’’ katanya saat dihubungi.
Artinya, ada kans bagi striker 30 tahun itu untuk berlabuh ke Borneo FC.
Bergabung dengan Borneo FC bukan hal mustahil bagi Da Silva. Apalagi, ada Diogo Campos dalam skuad Pesut Etam. Musim lalu, Campos bersama Da Silva ikut berjasa membawa Persebaya finis di posisi runner-up. Keduanya jelas sudah saling kenal dan tahu karakter permainan masing-masing. Terlebih, keduanya sama-sama berasal dari Brasil.
Masalahnya, jika Da Silva bergabung, ada kendala yang bakal dialami Borneo FC. Saat ini, Pesut Etam sudah memiliki empat pemain asing. Selain Diogo Campos, masih ada Francisco Torres (Brasil), Javlon Guseynov (Uzbekistan), dan Nuriddin Davronov (Tajikistan).
Praktis, jika striker berkepala plontos itu merapat, harus ada satu pemain asing yang dikorbankan. Hanya, Gomez tidak mau berkomentar terlalu jauh soal itu.
Namun, saat ditanya apakah dia membutuhkan striker baru, pelatih asal Argentina itu mejawab tegas. ’’Untuk saat ini, tidak,’’ katanya.
Tapi, tidak menutup kemungkinan Gomez membutuhkan striker baru di putaran kedua. Apalagi, bursa transfer memang baru dibuka pada putaran kedua mendatang. Setiap klub boleh membeli pemain baru. Termasuk legiun asing.
Kondisi tersebut jelas membuat manajemen Persebaya harus bekerja lebih keras. Mereka kudu berpacu dengan waktu untuk memastikan Da Silva bertahan di Surabaya. Apalagi, bulan depan Liga 1 2020 kembali bergulir. Artinya, manajemen Green Force harus menuntaskan negosiasi kontrak anyar dalam jangka waktu yang tidak sampai satu bulan.
Kehadiran Da Silva sudah pasti dibutuhkan tim. Sebab, dia merupakan striker utama Green Force. Musim lalu, dia mampu mencatatkan 12 gol dan 3 assist dari 16 laga. Untuk musim ini, dari dua laga yang dilakoni, bapak dua anak itu sudah mengemas satu gol.
Sayang, dari dua laga itu, Green Force belum pernah meraih kemenangan. Da Silva bukan satu-satunya pemain asing yang belum deal dengan kontrak baru. Mahmoud Eid juga masih melakukan negosiasi kontrak. Meski belum ada kejelasan, Persebaya mulai fokus untuk berlatih. Skuad kembali berlatih di lapangan Universitas Surabaya kemarin pagi.
’’Latihan kali ini kami lebih fokus ke conditioning. Mengembalikan fisik pemain. Dan alhamdulillah kondisi pemain sangat baik sekali,’’ kata Aji Santoso, pelatih Persebaya.
Sayang, winger Bayu Nugroho mengalami cedera dalam latihan kemarin. Otot kaki mantan pemain PSIS Semarang itu mengalami gangguan.
’’Ototnya ketarik. Dia (Bayu) tadi bereaksi untuk ambil bola, lalu ada sedikit tarikan. Tapi sudah saya suruh istirahat untuk recovery supaya dalam beberapa hari ke depan bisa mulai lagi,’’ tambah pelatih 50 tahun itu.
Sumber: jawapos.com