Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Ajaran Akademik 2021/2022 Ubaya hayuning August 21, 2020

Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru Tahun Ajaran Akademik 2021/2022 Ubaya

Universitas Surabaya (Ubaya) selalu menjamin adanya keterbukaan informasi terhadap seluruh stakeholder-nya. Salah satunya adalah Sekolah Menengah Atas / Kejuruan. Direktorat Marketing Public Relations Ubaya, bekerja sama dengan Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) mengadakan sosialisasi selama beberapa hari untuk ratusan instansi SMA/SMK yang bekerja sama dengan Ubaya. Sosialisasi yang dilakukan secara daring ini turut dihadiri oleh Ir. Benny Lianto, MMBAT, selaku Rektor Ubaya, Jaya Suteja S.T., M.Sc., Ph.D., selaku Direktur Administrasi Akademik Ubaya, dan Grace Karlinda, S.Psi., M.M., selaku Manajer Marketing and Communication MPR Ubaya.

“Kita harus tetap bersyukur kepada Tuhan karena masih diijinkan untuk bertemu,” sapa Benny di awal sambutannya. Ia pun berterima kasih kepada perwakilan sekolah kerjasama yang bersedia untuk hadir di sosialisasi daring. Benny pun menuturkan bahwa sosiasliasi ini diperuntukkan untuk proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) angkatan 2021/2022 khusus sekolah kerja sama. “Situasi (pandemi) saat ini memang luar biasa, kita harus memastikan bahwa setiap siswa yang berada di kelas 12 akan mampu melanjutkan studinya,” jelas Benny. Sosialisasi ini diharapkan mampu memberi informasi yang menyeluruh tentang proses pendaftaran dan peluang beasiswa di Ubaya.

“Mulai dari tahun ini, Fakultas Kedokteran bisa menggunakan Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (JPMK) Ubaya,” terang Jaya. JPMK sendiri adalah jalur pendaftaran Ubaya yang memungkinkan siswa-siswi untuk masuk ke Ubaya tanpa mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) hanya dengan menyetorkan nilai hasil belajar (raport) selama masa studi di SMA/SMK.

Walaupun demikian, calon mahasiswa baru tetap diwajibkan mengikuti serangkaian tes lain seperti: tes psikologi, tes kesehatan, dan wawancara. “Tes psikologi dan wawancara diadakan scara online, sementara tes kesehatan diadakan di kota terdekat,” terang Jaya. Hal ini dilakukan untuk memudahkan proses pendaftaran siswa-siswi. Pada kesempatan ini Jaya juga menjelaskan beberapa skema alur penaftaran mahasiswa, beserta beasiswa yang mungkin diterima oleh calon mahasiswa. Selengkapnya di https://daftar.ubaya.ac.id/files/BeasiswaUbaya.pdf (sml)