Bantu Menyembuhkan Lewat Alunan Musik hayuning May 27, 2020

Bantu Menyembuhkan Lewat Alunan Musik

Sabtu, 16 Mei 2020 telah diadakan Webinar dengan topik “Membangun Sikap Positif” Seri II. Webinar ini diselenggarakan oleh Magister Psikologi Profesi Fakultas Psikologi. Pada seri ini terdapat tiga pembicara dengan topik berbeda. Webinar ini diikuti oleh peserta baik ubaya dan non ubaya yang berjumlah 120 peserta.

Pada sesi pertama dalam seri II ini dibawakan oleh Dr. Elly Yuliandari Gunatiri, M.Si., Psikolog dimana membawakan tema “Perjuangan dalam Tekanan: Stay at Home”. Materi ini membahas tentang bagaimana mempersiapkan mental dalam menghadapi masalah dalam kehidupan nyata. Topik seri II bertemakan “Ketidakpastian itu Menyebalkan: Berdamai Demi Jiwa yang Sehat. Munculnya emosi negatif akibat pandemik Covid-19 menjadi dasar atas materi ini. Topik ini dibawakan langsung oleh Taufik Akbar Rizqi Yunanto, S.Psi., M.Psi., Psikolog beserta cara menyikapinya.

Sesi terakhir dalam webinar ini dibawakan oleh Dr. Mary Philia Elisabeth, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Beliau membawakan materi bertemakan “Magic Of Melody: Bagaimana Musik Meningkatkan Kesehatan Mental”. Latar belakang dipilihnya tema ini dikarenakan untuk mempelajari bersama dan mengkaitkan psikologi dengan musik dengan anak berkebutuhan khusus. Dipilihnya anak berkebutuhan khusus sebagai subjek utama dikarenakan banyak yang menggangap sepele dan telah jarang untuk disentuh atau diperhatikan banyak orang.

“Memainkan dan mendengarkan musik dapat memicu kinerja area otak yang berbeda. Melalui musik akan mengaktifkan korteks pendengaran dan motorik yang akan merangsang kinerja otak dan memainkan peran penting dalam ingatan dan pikiran,” tutur Ibu Mary. Beliau juga menjelaskan perbedaan respon otak dalam menangkap aneka ragam jenis musik. Efek yang berbeda inilah yang menjadi keunikan dari sebuah musik.

Salah satunya peserta webinar ini, Ibu Petra Johanna merasa sangat puas dengan adanya rangkaian webinar ini. Beliau mengikuti dari sesi pertama hingga terakhir dengan materi yang sangat bervariatif. “Webinar ini sangatlah menarik terutama dalam terapi musik yang dapat berpengaruh terhadap masalah mental. Sukses selalu untuk Ubaya dan tetap mengadakan webinar lain yang berkualitas lainnya,” ungkap Petra Johanna. (bf)