Gali Bakat dan Minat Siswa SMA Melalui OTW Ubaya #2 hayuning May 18, 2020

Gali Bakat dan Minat Siswa SMA Melalui OTW Ubaya #2

Rabu, 6 Mei 2020 Online Talk With Ubaya kembali digelar. Webinar online ini diikuti oleh sedikitnya 70 siswa/i baik SMA maupun SMK. Tujuan diadakan OTW Ubaya #2 tak lepas untuk memperkenalkan berbagai program studi yang ada di Ubaya serta memberikan penjelasan secara garis besar kepada siswa/i yang akan menempuh pendidikan di perguruan tinggi.

Materi pertama bertajuk Sukses Kuliah dan Berkarir di Industri Game akan dibawakan oleh Adhicipta Raharja Wirawan, S.E., M.A., Ak., selaku Dosen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya. Berawal dari hobi bermain game, Adhicipta turut menekuni pendidikan di bidang industri game sembari menempuh pendidikannya di Jurusan Akuntansi Ubaya. Selain itu, karena terbatasnya pendidikan di Indonesia terkhusus tentang game, tak menutup kemungkinan bagi Adhicipta untuk belajar otodidak baik melalui internet atau pun membentuk kelompok kecil-kecilan bersama teman sebaya.

Adhicipta turut menjelaskan karir dan peluang bisnis di industri game yang ada di Indonesia. Dia mengatakan jika di Indonesia sendiri, peluang bisnisnya masih cukup besar. Perusahaan Game di Indonesia turut tersebar, seperti: Toge-Jakarta, Touchten-Jakarta, AGATE-Bandung, Digital Happiness-Bandung, Gameloft-Yogyakarta, Educa-Salatiga, Mojiken-Surabaya, Mechanimotion-Surabaya, dan lain sebagainya.

Pada materi kedua, Ida Bagus Made Artadana, S.Si., M.Sc., selaku Dosen Fakultas Teknobiologi Ubaya membawakan topik Pemanfaatan Rekayasa Genetika di Bidang Kesehatan. “Protein memiliki peran penting bagi tubuh manusia atau hewan karena berperan sebagai hormon yang mengatur pertumbuhan dan perkembangan tubuh atau pun sebagai enzim yang mengatur metabolisme di dalam tubuh,” jelasnya di awal materi. Menurut Ida, apabila tubuh kita gagal memproduksi suatu protein tertentu, maka besar muncul penyakit diabetes tipe satu.

“Pada tahun 1980 berhasil membuat insulin manusia menggunakan metode rekayasa genetika,” tukasnya mengkaitkan dengan fakta dunia medis saat ini. Sesi diskusi dan tanya jawab pun menjadi penutup di akhir OTW Ubaya #2. Berbagai pertanyaan turut diajukan siswa/i yang haus akan rasa penasaran. Begitu juga terdapat beberapa siswa/i yang tak segan-segan menanyakan beberapa pertanyaan secara langsung pada kesempatan kali ini. Peluang kerja atau karir di Indonesia turut ditanyakan untuk kedua sesi tersebut.(jr)