Makna Terdalam sebuah Film Pendidikan hayuning April 30, 2020

Makna Terdalam sebuah Film Pendidikan

Ilustrasi menonton film: freepik.com (@pch.vector)

Banyak sekali penghargaan yang tercapai dari dunia perfilman Indonesia. Film memang dibuat untuk menjadi sebuah media untuk bercerita dan berekspresi sekaligus menyampaikan pesan baik. Di dunia perfilman, dikenal banyak sekali genre yang dapat dibuat seperti film dokumenter, komedi, drama, animasi dan lainnya. Namun tidak kalah dengan genre tersebut, film pendidikan juga memiliki daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya.

Film pendidikan dikemas sedemikian rupa dengan dasar realitas kehidupan manusia. Namun tak hanya sebatas itu, film pendidikan memiliki tujuan yang jelas dan makna yang terkandung demi mencerdaskan kehidupan bangsa. Dari sekian banyak film pendidikan yang telah tercipta, maka menjelang bulan Pendidikan Mei 2020, berikut kami rekomendasikan film pendidikan terbaik karya anak bangsa. Check this out!

1. Sokola Rimba (2013)

Dunia pendidikan di Indonesia seringkali menjadi sorotan. Ketidakmerataan ekonomi memang menjadi persalahan. Didalam film ini dikisahkan tentang bagaimana seorang guru yang berjuang di pedalaman. Kurangnya pemahaman dan minat akan pendidikan serta fasiliitas yang sangat minim menjadi pokok permasalahan dalam film ini. Melalui film ini, dapat dipetik bahwa pengabdian seorang guru dalam kemajuan masa depan bangsa. Beliau tak pernah lelah berjuang dan mendedikasikan hidupnya untuk pendidikan.

2. Sepatu Dahlan (2014)

Bercerita tentang perjuangan sosok Dahlan Iskan dalam menimba ilmu semasa kecilnya. Dengan bersepatu lusuh, Beliau tetap semangat menuju sekolahnya. Tekad yang kuat inilah yang dapat menginspirasi semua kalangan masyarakat. Pesan yang dapat diambil yaitu keterbatasan yang dimiliki tidak menjadikan seorang terpuruk, namun justru menjadi penyemangat hidup untuk lebih baik. Segala impian dapat dicapai dengan usaha dan tekad yang kuat.

3. Mars: Mimpi Ananda Raih Semesta (2016)

Film ini bercerita tentang seorang ibu yang buta huruf namun tetap berusaha membesarkan anaknya hingga berhasil meraih pendidikan tinggi di Eropa. Walaupun biaya sekolah sulit untuk didapat, namun ibu rela berkorban keringat, tenaga dan pikiran demi sang anak. Hingga akhirnya sang anak berhasil mewujudkan mimpi untuk menjelajah alam semesta.

Melalui film pendidikan, masyarakat dapat memperoleh inspirasi, informasi dan pengetahuan yang baru. Banyak sekali film pendidikan yang dapat mengubah pandangan manusia terhadap hidup dan menjadikan sesuatu jauh lebih bermakna. Maknai pesan didalam film dan jadikanlah sebuah motivasi didalam hidup. Selamat berkarya! (bf)