Dalgona Coffee: Alternatif Kreasi ketika #DiRumahAja hayuning April 16, 2020

Dalgona Coffee: Alternatif Kreasi ketika #DiRumahAja

Belakangan ini masyarakat nampak ramai membicarakan kopi yang sedang viral di media sosial ditengah pandemi Covid-19 ini. Minuman populer itu bernama Dalgona Coffee. Minuman ini merupakan minuman gabungan kopi dan susu yang cukup unik. Yang membuat unik adalah tekstur kopi yang dikocok hingga berbentuk foam yang lembut. Minuman kekinian 2020 ini membuat banyak orang penasaran.

Sebelum itu, apakah teman-teman tahu asal mula dalgona coffee ini? Dalgona coffee pertama kali terlihat pada sebuah episode acara TV Korea Pyunstorang. Aktor Jung Il-Woo mempopulerkannya setelah ia berkunjung ke salah satu restoran di Macau dan mencoba minuman ini. Ia memberi julukan tersebut karena teksturnya yang mirip dengan permen spons tradisional Korea bernama dalgona. Sejak saat itu muncul tagar #dalgonacoffeechallenge di kalangan Youtuber Korea Selatan, yang tak lama kemudian tantangan serupa berkembang di TikTok dan mendunia hingga populer seperti sekarang.
Meski baru saja viral di Indonesia, namun sebenarnya minuman ini sudah ada sejak lama di beberapa negara. Sejumlah sumber menyebutkan, kopi unik ini asalnya dari India, Pakistan, dan Macau. Dalgona coffee disebut mirip dengan Phenti Hui Coffee berasal dari India. Pembuatannya sama, hanya saja bedanya ketika membuat Phenti Hui, susu dituangkan di atas campuran kocokan kopi. Sedangkan pada Dalgona coffee, campuran foam kopi tersebut ditaruh di atas susu yang membuatnya terlihat sangat menarik.
Bahan pembuatan Dalgona coffee ini juga terbilang mudah didapat. Kalian hanya membutuhkan kopi instan bubuk, gula, dan air panas dengan perbandingan takaran yang sama. Takaran yang dianjurkan biasanya adalah 2 sendok makan. Kemudian bahan tersebut diaduk dengan cepat hingga menjadi foam kopi. Namun jika ingin lebih praktis, kalian bisa menggunakan mixer sebagai pengaduknya. Setelah itu, foam kopi tersebut dituang di atas susu yang sudah diberi es batu. Cara pembuatannya yang terbilang mudah inilah yang menjadikan Dalgona coffee semakin membuat orang tertarik mencobanya.
Jika kalian tidak menyukai kopi tak perlu khawatir, karena kalian bisa menggantinya dengan alternatif lain. Seperti dengan bubuk macha, milo, coklat, atau varian rasa lainnya. Takaran dan cara pembuatannya tentu sama. Jadi kalian tetap bisa menikmati dalgona dengan berkreasi sesuai selera. Dalgona coffee juga memiliki beberapa kandungan manfaat mengingat bahan utama pembuatannya adalah susu dan kopi. Namun jangan berlebihan karena mengkonsumsi gula berlebih juga tidak baik. Minuman Dalgona coffee bisa jadi solusi alternatif teman-teman dalam mengisi kejenuhan saat physical distancing lho. Sudah coba belum? (mad, bbs)