Kalistenik Rutin, Aktivitas Wajib selama #DiRumahAja hayuning April 13, 2020

Kalistenik Rutin, Aktivitas Wajib selama #DiRumahAja

Seorang pria melakukan jenis latihan plank.
Sumber: freepik.com (@freepik)
Segala upaya mulai dilakukan seluruh pihak dalam rangka mengurangi persebaran virus, salah satunya adalah himbauan dan ajakan untuk beraktivitas #DiRumahAja. Sejumlah instansi pendidikan mulai menerapkan sistem pembelajaran online dan beberapa pekerja mulai melakukan work from home. Hal ini ditujukan agar masyarakat dapat tetap melakukan aktivitasnya dengan aman dari kediamannya masing-masing. Namun, di tengah pembatasan aktivitas ini, kita diajak untuk tetap menerapkan gaya hidup sehat guna meningkatkan sistem imun tubuh dan memelihara daya tahan tubuh. Salah satunya adalah dengan rajin berolahraga.
Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Zainudin Amali mengingatkan masyarakat agar terus menjaga kebugaran tubuh dengan cara rutin berolahraga untuk melawan virus corona. Ada berbagai cara mudah yang bisa dilakukan untuk berolahraga selama beraktivitas di rumah. Ketua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Fitness Universitas Surabaya, Joshua Dinasty J. Ibal, mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika angkatan 2018, menyampaikan latihan kalistenik menjadi salah satu jenis olahraga yang dapat dilakukan dengan mudah. Kalistenik adalah suatu bentuk latihan fisik yang memaksimalkan penggunaan berat badan kita sendiri.
Berikut merupakan beberapa jenis latihan kalistenik yang dapat dilakukan di rumah tanpa alat bantu:
1. Jumping Jacks
Jenis gerakan ini bertujuan untuk melatih otot betis dan bahu. Gerakan ini dimulai dengan berdiri tegak dengan posisi kaki rapat dan tangan di samping tubuh. Kemudian kedua lengan diangkat dengan cepat ke atas kepala sambil melompat ke samping dan diikuti dengan segera melakukan gerakan sebaliknya untuk lompat kembali ke posisi berdiri.
2. Hip Raise
Jenis gerakan ini dapat melatih otot pinggul dan perut. Gerakan ini dilakukan pada posisi berbaring terlentang di lantai dengan kedua tangan berada di samping tubuh dan lutut dalam posisi ditekuk. Kemudian pinggul diangkat sampai tubuh membentuk garis lurus dari bahu hingga lutut.
3. Push Up
Jenis gerakan ini berfungsi untuk menguatkan otot bisep dan trisep pada lengan. Gerakan ini dilakukan dengan posisi awal tidur tengkurap dan kedua tangan berada di samping tubuh. Kemudian badan didorong ke atas dengan kekuatan tangan dan posisi kaki tetap lurus.
4. Heel Touch
Jenis gerakan yang dilakukan dengan menyentuhkan tumit kaki kanan ke tumit kaki kiri dengan sedikit menekuk lutut tumpu. Pada saat melakukan gerakan ini berat badan berada di kaki yang menjadi tumpuan.
5. Plank
Plank merupakan jenis latihan yang dapat dilakukan untuk membentuk otot, membakar kalori, dan memperbaiki postur tubuh. Terdapat beberapa jenis gerakan plank yang bisa dilakukan dengan mudah seperti high plank, knee plank, elbow plank, elbow plank with raised leg, dan elbow side plank.
6. Leg Scissors
Jenis gerakan yang bertujuan untuk melatih otot perut dan pinggang. Gerakan ini pada umumnya dilakukan dengan posisi tidur atau duduk di lantai.
7. Reverse Snow Angle
Jenis latihan ini dilakukan dengan posisi berbaring telungkup di lantai dengan tangan terulur ke atas. Gerakan ini dapat melatih otot punggung dan otot dada.
Dengan berolahraga secara rutin kesehatan tubuh akan terus terjaga, terutama ditengah wabah virus corona saat ini. Olahraga rutin dengan gerakan sederhana lebih baik dilakukan setiap hari atau minimum 3-4 hari setiap minggunya. Selain berolahraga, memperhatikan pola makan dan asupan gizi setiap harinya juga penting dilakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat. “Mari kita semua menjaga kesehatan tubuh dengan rutin berolahraga selama beraktivitas di rumah. Selain menjaga daya tahan tubuh, olahraga secara rutin juga dapat memberi bentuk tubuh yang ideal,” pungkas Joshua. (li)