ICF 2019: Hidup di Era Teknologi hayuning October 21, 2019

ICF 2019: Hidup di Era Teknologi

Fakultas Teknik Universitas Surabaya (Ubaya) kembali memamerkan kreativitas mahasiswanya dalam ajang Informatics Creative Festival (ICF) tahun 2019. Acara yang berlangsung dari tanggal 11 – 13 September 2019 ini bertempat di East Coast Center (ECC), Surabaya. Tahun ini, ICF mengusung tema Life In Technology. “Ini adalah karya-karya mahasiswa Jurusan Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Multimedia Fakultas Teknik,” tutur Dr. Budi Hartanto, S.T., M.Sc., selaku Kajur Teknik Informatika. Sebanyak 25 karya mahasiswa ini berhasil menarik perhatian pengunjung yang datang di ECC.
ICF 2019 menghadirkan narasumber Vincentius Riandaru Prasetyo, S.Kom., M.Cs., selaku Dosen Teknik Informatika Ubaya yang membawakan topik mengenai kecerdasan buatan (Artificial Intelligencemdash;AI) dan bagaimana AI ada dalam keseharian kita. Beliau juga membahas bagaimana AI dapat memperbaiki kualitas hidup manusia. Pembicara lainnya terkait dunia multimedia, yaitu Yohanes Dwi Prasetya, Gerdy WK, dan Is Yuniarto.
Beragam karya yang dipamerkan diantaranya adalah board game “Survival Land” milik Robert Surya Nata, Mahasiswa Jurusan Multimedia. Board game ini mengambil konsep kerjasama tim dalam bertahan hidup di alam terbuka. “Permainan ini memang dirancang untuk memunculkan interaksi antar pemain,” tukas Robert. Karya ini memang didesain supaya pemain bersosialisasi dalam mencapai tujuan bersama, yakni survive. Pemain harus selamat menghadapi tantangan yang disuguhkan. Dalam board game ini dirancang tidak ada pemenang, semua tim bekerjasama mencapai tujuan dan harus memperhatikan satu sama lain.
“Kita ini hidup di era modern. Semua sudah serba teknologi,” jelas Yudhistira Patrick Piter selaku ketua acara. Menurut Patrick, ICF memang digelar untuk memperkenalkan penerapan Jurusan Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Multimedia ke masyarakat Surabaya. Dalam acara ini juga terdapat workshop menggambar komik yang dipandu oleh Bee Comics. “Karya mahasiswanya banyak yang menarik,” ungkap Beni salah satu pengunjung ECC yang datang di ICF. (jr, sml)