Industrial Games 2019: Manage Your Supply, Build Your Chain hayuning October 16, 2019

Industrial Games 2019: Manage Your Supply, Build Your Chain

Fakultas Teknik Jurusan Teknik Industri Universitas Surabaya (Ubaya) kembali menggelar lomba tahunan untuk SMA/SMK sederajat. Lomba Industrial Games (IG) ini telah 28 kali diadakan, dan tahun ini Industrial Games secara khusus menugusung tema Supply Chain: 4th Revolution. Jumat, 30 Agustus 2019, sebanyak 100 tim berhasil lolos dari babak penyisihan online. IG sendiri diadakan selama tiga hari berturut-turut di Lenmarc Mall Surabaya. Acara dihadiri oleh pihak Rektorat Ubaya, Dekanat Fakultas Teknik, Kajur Teknik Industri.

“Negara maju adalah negara yang ilmu Tekniknya kuat,” tutur Eric Wibisono, S.T., M.Eng., Ph.D., Dekan Fakultas Teknik dalam sambutannya. Ia menuturkan bahwa insinyur / engineer memiliki peran penting untuk mengolah SDA, sebab dengan adanya insinyur / engineer lokal akan memperkuat posisi negara sehingga tidak perlu bergantung pada insinyur / engineer luar negeri. Ia juga mengapresiasi lomba Industrial Games yang telah berlangsung selama 28 kali, menandakan konsistensi Ubaya.

“Kita memang ingin memperkenalkan sistem rantai pasok dengan pemanfaatan teknologi. Tentunya supaya lebih efektif dan efisien,” ujar Celyn Claudia selaku Ketua Panitia di sela-sela acara. Menurutnya, tema ini dapat memberikan peserta pengetahuan tentang teknik industri, terutama supply chain, kepada murid SMA/SMK sederajat. “Banyak peserta yang tertarik dengan acara ini, bahkan sampai diakhir penutupan pendaftaran masih ada yang mendaftar,” terangnya. Celyn berharap agar IG dapat menarik lebih banyak peserta.

Peserta SMA dan SMK yang berlomba akan diminta untuk membuat sebuah prototipe Supply Chain Management yang dinilai oleh tiga juri, yaituDr. Dra. Amelia, M.T.; Prof. Ir. Joniarto Parung, M.M.B.A.T., Ph.D.; dan Ir. Singgih, S.T., CSCA., IPP.

Setelah tiga hari bertanding maka diperoleh hasil bahwa Juara I jatuh kepada SMA Katolik St. Louis 1 Surabaya, Juara II jatuh kepada SMA Santa Maria Surabaya, dan Juara III jatuh kepada sekolah SMA Katolik St. Louis Surabaya. Juara mendapatkan beasiswa potongan USP dan UPP uang tunai, sertifikat, dan piala Gubernur bergilir yang diberikan langsung oleh Celyn Claudia, Indri Hapsari, S.T., M.T., serta Ir. Joniarto Parung, M.M.B.A.T., Ph.D., selaku Guru Besar bidang Supply Chain Management dari Ubaya. (jr)