Ferry Tjie, Susun Target untuk Maksimalkan Potensi Diri hayuning October 16, 2019

Ferry Tjie, Susun Target untuk Maksimalkan Potensi Diri

Mahasiswa semester akhir Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Surabaya (FBE Ubaya) kehadiran tamu khusus pada Jumat, 30 Agustus 2019 silam. Tamu khusus ini adalah alumni angkatan 2006, Ferry Tjie, M.Fin., CPA (Aust.), CA.

Sesi bertajuk “CPA Australia: Career Inspirational Talk” di Ruang Serba Guna Fakultas Psikologi, Ferry menekankan pentingnya menyusun target dalam hidup. Ferry juga mengingatkan bahwa tidak selamanya rencana yang dibuat akan berjalan mulus. Pengalaman berkuliah misalnya. “Niatnya lulus 7 semester tertunda karena tertarik mengikuti semester pertukaran ke Flinders University di Adelaide, Australia,” jelasnya lagi. Namun, sebagai gantinya dia menambah banyak pengalaman baru. Ada pula pengalamannya melamar LPDP. “Percobaan pertama belum diterima,” tuturnya. Dia lantas mencoba strategi baru saat pengajuan kedua dan akhirnya diterima untuk berkuliah S2 Finance and Investment Banking di Queen Mary University London.

Proses pembelajaran tak terhenti di sana. Selain pendidikan tinggi, Ferry juga mengejar sertifikasi yang sesuai dengan kebutuhan kariernya. “Sertifikasi yang paling cocok (untuk karier pribadinya) adalah CPA Australia,” ujarnya. Dia juga melakukan metode online learning untuk memahami masalah yang dihadapinya dari perspektif keilmuan lain. Di dunia kerja sendiri Ferry tak segan bergonta-ganti perusahaan dengan latar belakang dan budaya kerja yang jauh berbeda, mulai dari corporate ke startup hingga fintech. Baginya, selama proses pengembangan diri sembari bekerja dia juga menemukan passion baru.

Senior Business Development ManagerCPA Australia Putra Idealis berharap melalui sesi ini mahasiswa, terutama dari jurusan akuntansi, terinspirasi untuk terus mengembangkan diri. “IT dan e-commerce hanya sebuah dinamika. Akuntansi akan tetap ada,” ungkapnya. Sebelum sesi dimulai, CPA Australia dan FBE Ubaya juga menjajaki kerja sama akademik di mana nantinya Ubaya diharapkan bisa mendapatkan akreditasi oleh CPA Australia. (brm)