Mahasiswa Accounting Ubaya Raih Juara 1 dan 2 Pada Lomba Nasional PIA fadjar September 17, 2018

Mahasiswa Accounting Ubaya Raih Juara 1 dan 2 Pada Lomba Nasional PIA

Fakultas Bisnis dan Ekonomika Jurusan Akuntansi Universitas Surabaya kembali menuai prestasi dalam lomba Nasional Pekan Ilmiah Akuntasi 2018 (PIA). 6 mahasiswa Akuntasi Ubaya berhasil menyabet juara 1 dan 2 sekaligus pada ajang tersebut. Perlombaan yang diselenggarakan pada tanggal 29 Agustus -1 September 2018 lalu, bertempat di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univerisitas Lambung Mangkurat, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Perwakilan Ubaya terbagi menjadi 2 Tim. pada tim A tergabung Karolus Steven Haryono, Henry Sanjaya, Celina Tashya Evangelista. Sementara tim B terdiri atas Flouren, Angelina Gresela Sapulete dan Daniel Wiranata Dayan.Lomba Nasional Pekan Ilmiah Akuntasi 2018, merupakan lomba 4 tahunan yang diadakan untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia menjadi salah satu negara Ekonomi ASEAN (MEA). Kegiatan ini juga berhasil menyaring 30 peserta dari seluruh universitas di Indonesia. Flouren menuturkan dalam mempersiapkan materi kedua tim membutuhkan waktu selama 1 bulan untuk belajar dan bimbingan. Adapun strategi yang dipakai adalah, setiap anak harus belajar mandiri dan menguasai materi meliputi akutansi dasar serta pajak. “Penguasaan materi merupakan salah satu kunci utama kami,”ujarnya.

Permata Ayu Widyasari S.A., MBA. selaku dosen pembimbing lomba mengatakan, untuk mengikuti lomba mahasiswa didampingi agar dapat siap menghadapi tantangan kedepan. sebelum lomba, tim mahasiswa akuntansi Ubaya akan diberi tes berupa soal penguasaan materi dan persentasi didepan. Tujuannya adalah agar mengetahui seberapa banyak penguasaan materi dan kesalahan yang mereka lakukan.

Pada kegiatan ini, lomba dibagi menjadi 3 sesi yaitu, sesi 1 Elimination Roundyang terbagi menjadi dua babak take my place danfind the golden ticketpada babak ini seluruh peserta diminta untuk mengerjakan soal pilihan ganda, esai dan siklus akutansi selama 90 menit. Sesi 2 Semifinal,terbagi dua babak yaitu find me pleasedan how dare you. Selanjutnya sesi 3 Grand Final tahap ini diikuti olehTOP 3 yang telah lolos dari semifinal dan tim AccountingUbaya keluar sebagai juara pertama dan kedua.

Dalam menghadapi lomba, tim accounting Ubaya sempat mengalami beberapa hambatan. Namun hal tersebut tidak menghalangi mereka untuk berkompetisi. “Semua berkat motivasi dosen pembimbing dan semangat tim untuk berlatih sehingga tim kita keluar sebagai juara. Melalui kegiatan ini, nantinya bisa menjadi media pembelajaran untuk mengasa kemampuan pengetahuan accounting kami,”tutup Flouren.