Sudah Bukan Lagi Jamannya Curriculum Vitae Standar fadjar May 26, 2017

Sudah Bukan Lagi Jamannya Curriculum Vitae Standar

Sebagai seorang mahasiswa tentu tujuan utama kita adalah wisuda dan bekerja. Memikat perusahaan bukanlah hal yang mudah di era serba kreatif ini. Salah satu dokumen penting yang wajib ‘eye catching’ di mata perusahaan ialah Curriculum Vitae (CV). File ini berisikan profil, riwayat pendidikan, pengalaman hingga prestasi yang telah diraih. Kini, CV tidak hanya disajikan hitam putih di selembar kertas saja. Beragam media untuk mengaplikasikan CV agar menarik semakin bermunculan. Lantas bagaimana cara mempelajarinya?

Melihat peluang tersebut, Kelompok Studi Mahasiswa Foto dan Media mengadakan event berupa pelatihan CV: poster, video, dan web. Untuk poster, CV dibuat dengan program ‘Adobe Photoshop’. CV berbentuk video dapat dikreasikan dengan ‘Adobe After Effect’. Sedangkan, web berisi CV dapat dibuat dengan program ‘Adobe Muse’. Bagi peserta yang tidak pernah mengoperasikan program diatas, anda tidak perlu khawatir. Karena pelatihan ini akan mengajarkan step by step secara basic sehingga mudah dipahami.

Peserta dapat memilih program yang ingin dipelajari. Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau. Jika ingin belajar 1 jenis program, peserta merogoh kocek sebesar 20 ribu. Jika ingin mempelajari 2 program, bisa membayar sebesar 35 ribu. Dan untuk ke-3 program sekaligus, cukup mengeluarkan biaya 50 ribu. Tiap-tiap program membutuhkan waktu sekitar 3 jam atau 1 sesi. Sehingga, peserta yang belajar 3 program harus memilih 3 sesi pula.

‘Acara ini bertujuan untuk mengedukasi mahasiswa dalam membuat CV yang menarik. Jadi, bukan hanya di selembar kertas. Tapi, bisa dalam bentuk lain yang unik. Dengan begitu, perusahaan akan lebih tertarik,’ begitulah pengakuan Richard Tirta Wibowo Oscar, ketua acara. Persiapannya dimulai sejak bulan Januari lalu. Lalu, para tutor yang dipilih berasal dari kalangan mahasiswa. Ia menambahkan, ‘Tutornya khusus dari mahasiswa supaya lebih luwes ketika menyampaikan materi’. Tutor ini merupakan mahasiswa Multimedia angkata 2014 dan 2015.

Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari dalam minggu yang berbeda. Pada batch I, acara berlangsung pada hari Sabtu, 13 Mei 2017 di Gedung TC Lt. 4, Ubaya Tenggilis. Selain itu, ada 2 pilihan waktu yang dapat dipilih peserta. Untuk sesi 1, dimulai pukul 09.00-12.00 WIB. Sedangkan, sesi 2 dimulai pukul 13.00-16.00 WIB. Dalam sesi 1, kelas yang dibuka hanyalah ‘Adobe Muse’ dan ‘Adobe Photoshop’. Dalam sesi 2, semua kelas dibuka bersamaan. Selama sesi berlangsung, terlihat peserta sangat memperhatikan arahan dari tutornya. Bagi peserta yang kebingungan, terdapat asisten tutor yang siap menghampiri dan membantu peserta.

Selain itu, batch II dilakukan pada hari Sabtu, 20 Mei 2017 di Gedung TC Lt. 4, Ubaya Tenggilis. Dalam sesi 1, kelas yang dibuka ialah ‘Adobe After Effect’ dan ‘Adobe Muse’. Untuk sesi 2, kelas yang dibuka ialah ‘Adobe Photoshop’ dan ‘Adobe Muse’. Total peserta baik batch I dan II ialah sekitar 130 orang. Pesertanya pun terbuka untuk seluruh fakultas. Beberapa fakultas non teknik juga ikut serta dalam kegiatan, antara lain: Fakultas Bisnis Ekonomika, Fakultas Psikologi, Fakultas Hukum, Fakultas Industri Kreatif, dll. Richard berharap, ‘Semoga peserta bisa lebih kreatif dalam membuat CV dan punya pengalaman untuk menciptakan CV kreatif’.