Dua Tim Akuntansi Ubaya, Top Two dalam Padjajaran Accounting Week fadjar November 17, 2016

Dua Tim Akuntansi Ubaya, Top Two dalam Padjajaran Accounting Week

Dua tim akuntansi Ubaya berhasil menjuarai Padjajaran Accounting Weekyang diadakan oleh Universitas Padjajaran Bandung pada tanggal 8-11 November 2016. Kedua tim Ubaya berhasil meraih juara 1 dan 2. Mereka adalah Yulia Fictor, Lely Diana Santoso, dan Lucia Jessica Diputri yang tergabung dalam Tim Ubaya 1 dan Greyelda Lavinia Widjaja, Yessica, serta Inglan Sari Budianto dalam Tim Ubaya 2. Lucia Jessica Diputri yang termuda (semester 5) dibandingkan rekan lainnya.

Kompetisi ini diikuti oleh mahasiswa akuntansi dari berbagai Universitas di Indonesia. Babak pertama, diawali oleh preliminary online dimana hanya 25tim terbaik yang dapat melanjutkan ke Bandung, Jawa Barat. Setelah terkumpul 25tim terbaik, dilakukan penyisihan lanjutan dalam bentuk tes tulis dan studi kasus, hanya 10 tim terbaiklah yang dapat melanjutkan ke babak semifinal. Di babak semifinal, masing-masing kelompok harus beradu ketangkasan dan kecepatan dalam menjawab soal dalam bentuk cerdas cermat. Hasilnya, 2 tim Ubaya kembali lolos dan berhak berkompetisi kembali di babak final.

Final menjadi ajang pembuktian bagi 3 tim terbaik, yaitu Tim Ubaya 1, Ubaya 2, dan T-Accountdari Universitas Trisakti Jakarta. Masing-masing tim harus menunjukkan kemampuan komunikasinya dalam hal presentasi. Tim Ubaya 2 berhasil menjadi juara pertama dengan bobot nilai 174. diikuti oleh Tim Ubaya 1 sebagai runner-up dengan nilai 157 dan T-AccountUniversitas Trisakti Jakarta diposisi ke-3 dengan perolehan nilai 139.

“Kami terus melakukan latihan bersama dan membimbing adik-adik kelas kami supaya tetap bisa mempertahankan apa yang sudah dicapai saat ini,” ungkap Lely, yang memiliki hobi menulis novel romanceini.

Dalam Padjajaran Accounting Weekini, sejumlah hadiah berhasil dibawa pulang. Tim Ubaya 2 berhasil mendapatkan medali dan uang sejumlah Rp 7.500.000,- sedangkan Tim Ubaya 1 memperoleh medali dan uang sejumlah Rp 5.000.000,-. “Kami tidak pernah merasa bersaing, sebaliknya kami malah bangga posisi juara 1 dan 2 bisa diisi oleh tim-tim dari Ubaya. Tujuan kami cuma satu, yaitu mengharumkan nama Ubaya,” aku Yulia, gadis kelahiran Makassar.

Dr. Dedhy Sulistiawan, M.Scselaku Kepala Jurusan Akuntasi mengatakan seringnya Jurusan Akuntansi menjadi juara nasional hal ini menunjukkan kualitas pembelajaran. Lucia dkk juga tak lupa mengucapkan terimakasih yang sangat besar untuk dosen pembimbing kami, Andy Setiabudi, S.E., M.Ak., CMA.