Dosen Akuntansi Ubaya Presentasikan Riset di Simposium Internasional fadjar July 18, 2016

Dosen Akuntansi Ubaya Presentasikan Riset di Simposium Internasional

SURYA.co.id | SURABAYA – Universitas Surabaya (Ubaya) baru saja mengirimkan dosen Jurusan Akuntansi Fakultas Bisnis dan Ekonomi untuk mempresentasikan risetnya di simposium internasional.

Ia adalah Dr Dedhy Sulistiawan SE MSc Ak CA. Dedhy mempresentasikan risetnya mengenai respon investor pada laporan keuangan sebuah perusahaan publik di pasar modal di acara pertemuan ilmiah SIBR-Thammasat 2016 Bangkok Conference di Hotel Emerald Bangkok pada 2-3 Juni 2016.

Dalam simposium yang juga dihadiri dosen-dosen dari beberapa negara lain, antara lain Amerika, Inggris, Australia, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Thailand itu, para peserta harus melewati seleksi artikel penelitian ilmiah sebelum diizinkan mempresentasikannya.

‘Melalui proses seleksi/review, peserta yang lolos dikategorikan sesuai dengan bidangnya masing-masing yang kemudian dibagi per kelas,’ cerita Dedhy kepada Surya (TRIBUNnews.com Network).

Riset yang berjudul Earnings Response Coefficient and Technical Analysis Signal around Earnings Announcement Dates in Indonesian Stock Market itu membuka kesempatan Dedhy menjadi salah satu speaker dalam simposium internasional tersebut.

Ide untuk riset dan artikel itu muncul setelah ia melihat bahwa biasanya bila sebuah perusahaan melaporkan laporan keuangan tahunan mereka, maka para investor akan bereaksi.

‘Bila laporannya positif, maka para investor akan berlomba-lomba membeli saham sehingga nantinya harga jual mereka akan naik. Tetapi bila laporan yang diberikan merupakan berita buruk, maka investor akan menjual semua saham mereka kepada orang lain agar tidak mengalami kerugian. Keunggulan studi ini adalah pada metoda deteksi sebelum pengumuman laba,’ jelas Ketua Jurusan Akuntasi Ubaya itu.

Selain mendapat kesempatan untuk mempresentasikan risetnya, Dedhy juga mendapat kesempatan untuk mempublikasikan artikelnya di jurnal terindeks SCOPUS bersama beberapa artikel peserta SIBR-Thammasat 2016 lain.

Pada 12 Februari 2016, Dedhy juga mempresentasikan artikel ilmiah berjudul Can We Use Accrual to Minimize Risk and Maximize Stock Return Indonesian Evidence? pada pada SIBR-UniKL2016 Kuala Lumpur Conference di Park Royal Hotel Kuala Lumpur.

‘Saya juga mendapatkan dua hibah penelitian di tahun 2016 ini, dan Hibah Pengabdian Masyarakat yang merupakan program tahunan dari Dikti pada 2016,’ katanya.

Di tahun 2015, Dedhy juga pernah mendapatkan penghargaan artikel terbaik pada salah satu Simposium Nasional di Indonesia.

“Saya sangat bersyukur bahwa Ubaya sangat memberikan dukungan kepada dosen-dosen terutama bagi dosen yang memiliki minat pada penelitian. Saya berharap agar saya dan rekan-rekan dosen senantiasa terus berupaya mengembangkan kemampuan terbaiknya di bidang tridharma perguruan tinggi guna membawa harum nama UBAYA. Saya percaya tindakan positif kita akan menginspirasi,” tutup Ketua Perkumpulan Ilmiah Peneliti Ilmu Sosial Indonesia itu.

Sumber: https://surabaya.tribunnews.com