Padukan Cita Rasa Western Tradisional Dalam Satu Gigitan fadjar May 27, 2016

Padukan Cita Rasa Western Tradisional Dalam Satu Gigitan

Halo mahasiswa Ubaya, ada tempat baru buat nongkrong bareng nih. Sudah pada tau belum ? Kali ini, mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomi kembali menghadirkan nuansa cafe dalam kampus Ubaya. Tak heran, jika banyak mahasiswa yang berkunjung untuk melepas dahaga dan penat. Cafe ini juga mengusung dekorasi yang berbeda guys.

Mahasiswa Jurusan Manajemen Restoran kembali menyuguhkan suasana cafe bagi civitas akademika Ubaya. Cafe yang buka dari tanggal 16-20 Mei 2016 ini bertempat di Gedung FG lantai 6. Sebanyak 20 mahasiswa secara bergiliran menjaga cafe tersebut. Cafe bernama B’Qoni (Quotes Of Nation Bistro) ini digarap oleh mahasiswa semester 4, 6, dan 8. Dosen Pembimbing Manajemen Restoran yakni, Prita Ayu Kusumawardhany, S.E.,M.M. berkata, ‘Ini merupakan project tahunan mahasiswa FBE. Mereka merupakan gabungan dari mahasiswa yang mengambil 4 konsentrasi laboratorium yaitu, manajemen jejaring bisnis, manajemen pariwisata, manajemen keuangan, dan manajemen pemasaran. Project pertama kami pada tahun 2014, dan tetap diadakan hingga sekarang. Cafe ini sekaligus bentuk penilaian terakhir untuk lulus mata kuliah Manajemen Restoran.’

Saat disinggung mengenai nama cafenya, Prita menjawab bahwa B’Qoni menghadirkan dekorasi berupa pemasangan quotes dari berbagai negara. Dengan begitu, tamu yang sedang menunggu pesanan dapat berkeliling sambil membaca quotes yang ada. ‘Para pelanggan juga bisa belajar tentang kehidupan dari quotes-quotes yang ditampilkan. Kita juga mengusung nama bistro karena sajian kuliner yang dihasilkan adalah kombinasi antara Western dengan Asia,’ ucap Prita dengan senyum. Lalu, siapa yang menemukan ide ini pertama kali ? ‘Para mahasiswa dan saya saling berunding dalam menemukan konsep cafe ini. Dengan mempertimbangkan segala aspek yang ada dan akhirnya kami mengusung perpaduan antara dua budaya, Western dengan Indonesia,’ tambahnya.

Dari segi kuliner, B’Qoni juga menginovasikan setiap menu yang ada. Mulai dari snack, maincourse, dessert, hingga minuman, semuanya dipadukan dengan cita rasa Western-Indonesia. Seluruh menu yang disajikan merupakan recommended food. Ada pula menu andalan dalam cafe ini, salah satunya adalah Sweet B’Qoni Roaster. ‘Amerika terkenal dengan chicken roaster-nya, dan kita padukan dengan madu asli Indonesia. Ada juga metropolitan french fries, dimana saus kejunya merupakan hasil pengembangan kami. Dengan bumbu-bumbu rahasia untuk menciptakan rasa gurih dan renyah pada kentang gorengnya,’ jawab Prita sambil menunjukkan buku menu.

Mengenai persiapan, sejak awal perkuliahan Prita telah mengingatkan mahasiswa bahwa project cafe ini merupakan tugas akhir mata kuliah manajemen restoran. ‘Pada minggu ke 7, kita sudah mencetuskan konsep. Setelah Ujian Tengah Semester, mahasiswa mulai praktek dan mencari resep sambil berkreasi. Mereka juga didampingi oleh 3 chef profesional bintang 4 dan 5. Dengan begitu, mereka dapat belajar cara plating dan proses masak yang benar,’ imbuh Prita kembali. Dalam mata kuliah ini, tentu terdapat poin penilaian yang harus terpenuhi. Poin-poin tersebut antara lain, kreativitas menu, proses manajemen operasional, dan profit yang dihasilkan.

Selama cafe B’Qoni dibuka, jumlah para pengunjung ternyata melebihi prediksi awal mahasiswa. Bahkan, dari hari ke hari, animo para tamu terus bertambah hingga menimbulkan antrian pesanan. Tamu yang datang pun tak hanya dari civitas akademika Ubaya saja. Beberapa mahasiswa Universitas Kristen Petra dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember juga sempat mencicipi kuliner B’Qoni. Cafe yang buka dari pukul 10.00 hingga 17.00 ini sekaligus menerima delivery order, tak heran bila salah seorang dosen Universitas Airlangga sempat menggunakan layanan pesan antar ini. Melihat antusiasme para pelanggan yang amat besar, Prita mengungkapkan bahwa dirinya akan segera berkoordinasi untuk memperpanjang pembukaan cafe B’Qoni ini.

Wahhh, keren kan guys ? Berkat adanya B’Qoni, kalian dapat menghilangkan rasa jenuh sekaligus lapar di perut ya. Nggak perlu takut bosen deh kalau makan disini, sebab kalian bisa mengelilingi cafe sambil membaca quotes dari berbagai negara. Kuliner yang disuguhkan pun tak kalah memikat, lidah kalian akan dimanjakan dengan varian menu fusion Western-Indonesia yang yummy Well, good joob buat B’Qoni Crews ! (slr)