Peringati Hardiknas dengan Semangat Ki Hajar Dewantara fadjar May 9, 2016

Peringati Hardiknas dengan Semangat Ki Hajar Dewantara

Upacara bendera kembali diperingati oleh Universitas Surabaya di awal bulan Mei ini. Mengingat kelahiran Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Indonesia, tak membuat semangat Ubaya menjadi loyo dan kendor. Justru disaat itulah, Ubaya membangkitkan kembali gairahnya dalam memajukkan pendidikan di negeri tercinta. Melalui upacara ini, segala pesan dan amanat dapat dicurahkan kepada seluruh pengajar dan mahasiswa yang ada. Dengan begitu, kinerja pendidikan di Ubaya akan terus mencapai titik terangnya.

Lapangan depan Gedung Perpustakaan Ubaya Tenggilis terlihat penuh dengan orang-orang berpakaian jas almamater dan hem batik merah. Saat itulah tepat pada hari Senin, 2 Mei 2016 digelar upacara bendera sebagai peringatan Hardiknas. Dalam pembukaannya, Rektor Ubaya yakni, Prof. Ir. Joniarto Parung, MMBAT, Ph.D. menyampaikan orasinya mengenai reformasi pendidikan yang dicetuskan oleh Ki Hajar Dewantara. Berkat perjuangan dan jasa almarhum Ki Hajar Dewantara, kini pendidikan di Indonesia mengalami perubahan dan peningkatan signifikan. Tak lupa, Joniarto menambahkan pula pesan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) yang menekankan pentingnya kualitas manusia. Selain itu, beliau turut prihatin atas sikap mahasiswa yang kurang mencerminkan semangat pendidikan dalam kegiatan perkuliahan. Tak heran bila banyak mahasiswa terlihat merenung ketika mendengarkan fakta tersebut.

Pembacaan beasiswa juga turut menarik perhatian para peserta upacara. Beberapa beasiswa yang diberikan antara lain ialah beasiswa partisipasi masyarakat yang terdiri dari beasiswa tunas cendekia, beasiswa PT. Kuda Laut Mas, dan lain-lain. ‘Ada pula beasiswa dari pemerintah yang diberikan kepada 103 mahasiswa, terdiri dari beasiswa bidik misi yang diperoleh 57 mahasiswa, beasiswa peningkatan prestasi akademik kepada 23 mahasiswa, dan bantuan biaya pendidikan peningkatan prestasi akademik diberikan kepada 23 mahasiswa,’ ucap Stefanus Soegiharto S.T., M.Sc. selaku Direktur Pengembangan Kemahasiswaan.


Penyerahan beasiswa secara simbolis diserahkan oleh Rektor Ubaya. Sebanyak 8 perwakilan mahasiswa dari masing-masing fakultas dan politeknik menerima penyerahan beasiswa tersebut. Prof. Ir. Joniarto Parung, MMBAT, Ph.D. didampingi Wakil Rektor 1,2,3 turut memberikan salinan surat keputusan rektor secara simbolis. Selama pemberian beasiswa berlangsung, tim paduan suara Ubaya mengiringinya dengan lagu ‘Mars Gelora Ubaya’. Selanjutnya, pembacaan doa sekaligus menutup rangkaian upacara bendera yang berlangsung sejak pukul 07.00 ini. (slr)