SELF HELP CAMP FAKULTAS PSIKOLOGI ANGKATAN 2013 CAREER ADVENTURE fadjar February 10, 2016

SELF HELP CAMP FAKULTAS PSIKOLOGI ANGKATAN 2013 CAREER ADVENTURE

Fakultas Psikologi Universitas Surabaya mengadakan kegiatan Self Help Camp(SHC) bagi angkatan 2013 di Desa Duyung Trawas dan Ubaya Training Centre (UTC) Desa Tamiajeng Trawas pada tanggal 1-3 Februari 2016. Self Help Campmerupakan kegiatan pengembangan soft skills Fakultas Psikologi Ubaya di semester enam yang merupakan tindak lanjut dari kegiatan Growing Personal Best(GPB) di semester pertama dan Exploring My Self Camp(EMSC) di semester kedua sekaligus persiapan Live indi semester tujuh. Tema SHC angkatan 2013 adalah Career Adventure karena semua aktivitas yang dirancang pada pengembangan soft skillmengarah pada persiapan dan pemantapan karir.

Kegiatan yang dilakukan selama tiga hari diawali dengan melakukan perjalanan kaki melewati sawah, hutan, dan sungai untuk mencapai Desa Duyung. Rute tersebut dirancang untuk memberikan tekanan kepada seluruh peserta sehingga dengan adanya tekanan akan terbentuk kekuatan dan ikatan diantara mahasiswa angkatan 2013. Sesampainya di Desa Duyung peserta harus tinggal di rumah warga yang telah ditentukan. Kegiatan di hari pertama ini dirancang untuk mencapai soft skillsmanajemen diri dan interdependensi. Melalui rute sawah, hutan, dan sungai kemudian harus tinggal di rumah warga yang berbeda kondisinya dengan peserta, diharapkan peserta mampu mengidentifikasi masalah dan menemukan alternatif cara penyelesaian masalah sebagai bagian dari pengembangan diri saat melakukan aktivitas atau menyelesaikan tugas bersama orang lain. Melakukan aktivitas bersama dengan orang lain (dalam kelompok) untuk pengembangan diri menstimulasi emosi, membangun kepercayaan, keberanian, kerjasama dan mengkreasi dukungan sosial. Saat tinggal di rumah warga juga menstimulasi kemampuan managemen diri dan kelompok untuk melakukan live in yang meliputi getting in, getting along, dan getting out. Dengan demikian SHC angkatan 2013 juga membekali peserta dengan ketrampilan melakuka live inyang nantinya akan diikuti angkatan 2013 saat semester tujuh. Berkaitan dengan karir, peserta dapat merefleksikan pembelajaran yang diperoleh peserta dari informasi yang berkaitan dengan pekerjaan warga yang rumahnya ditempati kelompok untuk membantu peserta dalam mewujudkan cita-citanya. Hal ini didasarkan pada prinsip dapat belajar dari orang lain mengenaibanyak hal yang orang lain alami dalam kehidupan sehari-hariterutama dalam kehidupan pekerjaan.

Pada hari kedua peserta difokuskan pada identifikasi karir melalui refleksi karir dan analisis SWOT yang berkaitan karir. Lesson learned yang ditanamkan adalah identifikasi karir sejak awal merupakan hal yang penting sehingga dapat mengarahkan diri pada karir yang hendak dicapai. Self assessmentmerupakan langkah awal dalam tahapan perencanaan karir. Hari kedua diakhiri dengan career show. Hari ketiga diisi dengan kegiatan action planyang berkaitan dengan pengembangan diri, penyelesaian studi, dan perencanaan karir. Kegiatan SHC ditutup dengan sesi motivasional dan terminasi kegiatan SHC Angkatan 2013 Career Adventure.