Biocamp, Perkemahan Para Profesor Muda fadjar November 20, 2015

Biocamp, Perkemahan Para Profesor Muda

Makhluk hidup yang ada di sekeliling kita seperti hewan dan tumbuhan dapat terlihat jelas oleh mata kita. Namun terkadang kita lupa bahwa beberapa memang tak terlihat mata seperti bakteri serta mikroorganisme lainnya yang sebenarnya turut mempengaruhi kehidupan manusia. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai makhluk-makhluk kecil ini, Fakultas Teknobiologi Universitas Surabaya mengajak teman-teman kita yang masih SMA untuk mengikuti Biotech Camp.

Acara yang diadakan pada tanggal 7-8 November 2015 di Arca Cottage Trawas ini memiliki tema “Zoom! Are You Sure, You Are Clean?”

“Kita memilih tema ini juga untuk disesuaikan dengan praktikum yang akan kita berikan, yaitu tentang mikrobiologi. Jadi mereka banyak belajar tentang bakteri dan mikroba lainnya,” kata Dody Kurnia Winata, selaku ketua panitia acara.

Sesampainya di lokasi camping, para peserta langsung meletakkan barang-barang bawaan mereka ke cottagemasing-masing dan makan siang. Suasana mulai mencair saat panitia meminta para peserta untuk saling berkenalan dan membuat yel-yel. Setelah istirahat sejenak, akhirnya mereka memulai praktikum yang menjadi acara utama Biotech Camp 2015 ini. Sebelum dimulai, sebanyak 55 peserta telah dibagi menjadi 10 kelompok. Nama-nama kelompok ini pun berbau biologi, seperti badan golgi, mitokondria, retikulum endoplasma, dan lainnya.

Untuk keamanan, para peserta maupun panitia harus menggunakan jas lab. Beberapa peralatan seperti micropipet, tabung reaksi, dan spiritus telah disiapkan di atas meja. Didampingi oleh panitia, para peserta nampak semangat mencoba beberapa peralatan yang belum pernah mereka jumpai seperti micropipetdan mesin PCR.

Ada tiga sesi praktikum yang dilakukan, pertama adalah sesi sampling, lalu sesi menggunakan mesin PCR, dan yang terakhir adalah deteksi molekuler. Pada sesi sampling, kegiatan yang dilakukan lebih generalyaitu mencari samplingdari hal-hal yang ada di lingkungan sekitar. Di sesi PCR, samplingyang telah didapatkan ditanamkan ke media tertentu untuk dilihat apakah ada bakterinya atau tidak. Selain melakukan praktikum, para peserta juga akan melakukan outbonddi hari kedua. Mereka juga dibagi di dalam tim yang berbeda dengan tim praktikum.

“Kita memang tidak mau peserta hanya belajar, tapi juga ada senang-senang bersama. Karena tujuan kita mengadakan Biotech Camp ini untuk memberi tahu bahwa teknobiologi pun bisa fun. Kita juga berharap agar orang-orang jadi lebih mengenal Fakultas Teknobiologi Ubaya,” lanjut Dody. (tea)