Launching Pro Tools 12, Ubaya Adakan Kuliah Tamu fadjar September 28, 2015

Launching Pro Tools 12, Ubaya Adakan Kuliah Tamu

Perkembangan teknologi dari tahun ke tahun membuat segalanya menjadi lebih mudah dan praktis. Salah satu teknologi yang semakin canggih yaitu mengenai pengaturan audioatau suara menggunakan softwareAvid Pro Tools, yakni sebuah DAW (Digital Audio Workstation) softwareuntuk mengatur sumber suara. Terlebih lagi softwaresatu ini meluncurkan versi terbaru yakni Pro Tools 12.

Dalam rangka launchingsoftware tersebut, Jurusan Multimedia Fakultas Teknik, Universitas Surabaya (Ubaya) mengadakan kuliah tamu digital audiodengan menghadirkan Bagus Dwipa yang bekerja di PT. Auvitech Musindo. Acara tersebut berlangsung pada Jumat, 25 September 2015, dengan dihadiri sebanyak 51 peserta yang merupakan mahasiswa Semester 1 dan 5 dari Jurusan Multimedia.

“Mahasiswa Multimedia Ubaya sudah lama menggunakan Pro Tools, karena softwareini biasa digunakan dalam industri. Bagi mahasiswa semester 1, kami ingin memperkenalkan Pro Tools kepada mereka. Lalu bagi mahasiswa semester 5, tentunya akan menambah wawasan mereka mengenai digital audio,” terang Melissa Angga, S.T., M.M. Comp.

Ketika kuliah tamu yang dimulai pukul 09.00 WIB di Ruang Serbaguna Fakultas Psikologi, mahasiswa dijelaskan mengenai recordingdi masa lampau serta bagaimana perkembangannya sekarang. Jika jaman dahulu proses recordingcukup rumit, kini hanya dalam sekali recordingdapat menghasilkan suara yang sangat bagus. Caranya adalah dengan mengunggah berbagai aplikasi yang tersedia pada Avid Market Place. Jika sudah, maka mereka dapat mengatur suara agar terdengar lebih bagus, hingga memberikan effectsuara. Selain itu, menariknya lagi, dalam Avid Market Place tersedia pula Avid Artist Community, yakni masyarakat dapat meminta bantuan orang-orang ahli untuk dibuatkan lagu layaknya artis papan atas.

Tak lupa, para peserta kuliah tamu juga diperkenalkan tiga macam fitur Pro Tools 12, yakni : 1) elastic audio, yang digunakan untuk mengatur sumber suara, mengganti tempo, dan volume suara, 2) adjust WAV, yang digunakan untuk menaikkan serta menurunkan gen dari sebuah suara, 3) midi instrument, digunakan untuk mengatur instrument digital. Perkenalan fitur-fitur tersebut dilakukan pada sesi demonstrasi di akhir acara.

“Diharapkan ketika sudah lulus nanti, mahasiswa bukan sekedar mendapat nilai, tetapi memiliki banyak potensi yang dapat digali,” tutup Koordinator Program Multimedia ini. (ka, rps)