PENTINGNYA WAWANCARA KOGNITIF DALAM INVESTIGASI fadjar November 24, 2014

PENTINGNYA WAWANCARA KOGNITIF DALAM INVESTIGASI

Program Studi Magister Sains Universitas Surabaya mengadakan seminar bertema “Investigasi Psikologi Pada Saksi” pada Sabtu, 22 November 2014 silam. Bertempat Gedung Perpustakaan Lantai V Ubaya Tenggilis, seminar ini tidak hanya dihadiri oleh mahasiswa Universitas Surabaya saja melainkan dari berbagai kalangan. Dimulai dari kalangan kejaksaan tinggi, polsek, polda, dokter, dinas psikologi angkatan laut, hingga mahasiswa dari Universitas lain seperti Universitas Bhayangkara, Universitas Negeri Surabaya, UPN, dan sebagainya yang berjumlah sekitar 157 orang.

Narasumber seminar ini tak lain tak bukan adalah Dekan Fakultas Psikologi Universitas Surabaya, Prof. Dr. Yusti Probowati Rahayu. Beliau menuturkan bahwa tujuan diadakannya seminar ini adalah untuk membagikan ilmu mengenai sejarah teknik interogasi dan pentingnya pendekatan psikologis, pemahaman teknik investigasi psikologi pada saksi, hingga roleplay, agar bisa mengetahui langkah-langkah dalam melakukan wawancara berbasis psikologis.

Acara diawali dengan berbagai sambutan, dan penyampaian materi yang berlangsung kurang lebih 90 menit. Terdapat juga film yang diputarkan ditengah acara untuk memudahkan peserta dalam memahami materi. Setelah itu, terdapat sesi tanya jawab yang membuat peserta sangat antusias untuk bertanya dan dilanjutkan oleh roleplayyang membagi peserta menjadi dua kubu, yaitu kubu interviewer dan kubu saksi. Kubu saksi diperlihatkan sebuah video tentang kasus penyanderaan yang nantinya akan ditanyakan oleh interviewermelalui wawancara kognitif. “Manusia memiliki prasangka (bias)yang sangat besar pada orang lain. Jangan berhenti untuk belajar. Selalu upgradekemampuan kalian agar biasyang kalian miliki semakin kecil,” tutupnya sesaat sebelum menyelesaikan materi yang dibawakannya. (ell,wu)