Berbagi Kiat Berwirausaha Burger di SMAN 14 Surabaya fadjar September 20, 2013

Berbagi Kiat Berwirausaha Burger di SMAN 14 Surabaya

Mulai Semester Genap 2011-2012 yang lalu, Jurusan Manajemen Fakultas Bisnis dan Ekonomika Ubaya telah melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat secara terpadu, dengan melibatkan dosen dan mahasiswa Jurusan Manajemen dalam mengimplementasikan hasil kajian ilmu Manajemen yang bermanfaat bagi masyarakat luas. Pada Semester Genap 2011-2012 yang lalu telah dilakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat berupa penyuluhan pengelolaan usaha kecil dan konsultasi secara klinikal di kecamatan Tamiajeng Trawas, Mojokerto. Kegiatan tersebut telah berhasil membantu memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan pengelolaan usaha kecil, baik dalam bidang pemasaran, produksi/operasi, sumberdaya manusia, dan keuangan kepada para peserta yang rata-rata adalah pemilik/pengelola usaha kecil.

Setelah sukses melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat di Kecamatan Tamiajeng Trawas, Mojokerto, pada Semester Gasal 2012-2013 ini, JMFBE Ubaya menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat secara terpadu dengan melibatkan Laboratorium-Laboratorium yang ada di Jurusan di SMA Negeri 14 Surabaya. Kegiatan telah dilaksanakan pada hari Sabtu, 10 November 2012. Kegiatan ini selain melibatkan dosen juga melibatkan mahasiswa Jurusan Manajemen, Guru-guru SMAN 14, serta OSIS dan Siswa SMAN 14. bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat kali ini adalah penyuluhan kewirausahaan kepada para Guru dan siswa pengurus OSIS berupa pemaparan umum tentang kewirausahaan, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan yang lebih spesifik yang sesuai aspek-aspek kewirausahaan yang akan ditangani secara khusus oleh presenter yang mewakili Laboratorium yang ada di Jurusan Manajemen dilanjutkan dengan penyelesaian studi kasus yang akan dikerjakan oleh para peserta baik guru maupun siswa secara berkelompok dengan didampingi oleh dosen Jurusan Manajemen FBE, dan diakhiri dengan presentasi kasus.

Kegiatan pengabdian masyarakat dilaksanakan di Gedung Pertemuan dan ruang kelas di SMAN 14 Surabaya. Kegiatan di buka oleh Bapak Adjid Subhan mewakili Kepala Sekolah SMAN 14 dan Ibu Dra. ec. Liliana Inggrit W., M.M. selaku Ketua Jurusan Manajemen. Kegiatan diikuti oleh 20 orang dosen, 11 guru dan 25 siswa SMAN 14 Surabaya. Kegiatan dimulai dengan pemaparan materi sesuai dengan tema yang telah ditetapkan. Setelah presenter memaparkan materi dilanjutkan dengan klinik dimana peserta kegiatan diberikan materi berupa kasus yang didiskusikan dalam kelompok, dan dipecahkan sesuai dengan pertanyaan yang terdapat dalam kasus (kasus terlampir). Pertanyaan yang terdapat dalam kasus mencakup materi yang telah dipresentasikan sebelumnya. Untuk menjawab pertanyaan tersebut, kelompok peserta dapat melakukan konsultasi kepada tim konsultan yang telah ditetapkan. Untuk tahap awal ini, keluaran yang diharapkan akan dicapai adalah terbentuknya pemahaman yang baik tentang kewirausahaan, yang ditinjau dari aspek manajemen pemasaran, manajemen sumberdaya manusia, manajemen jejaring bisnis, dan manajemen keuangan. Pada tahap berikutnya, SMA Negeri 14 Surabaya dapat melakukan inventarisasi siswa-siswa yang berminat untuk berwirausaha untuk diberikan pelatihan khusus sampai dengan implementasi usaha di lapangan oleh para traner dari Jurusan Manajemen FBE Ubaya.