Utamakan Pembangunan Manusia untuk Indonesia fadjar January 21, 2013

Utamakan Pembangunan Manusia untuk Indonesia

Bisa bayangkan bagaimana Ekonomi dan Kebangsaan Negara Indonesia saat menuju 100 tahun Kemerdekaan? Pertanyaan tersebut dapat terjawab dalam acara yang diadakan oleh Pengurus Pusat Ikatan Alumni (IKA) Universitas Surabaya (Ubaya) yakni Dialog Interaktif yang bertajuk “Ekonomi dan Kebangsaan Menuju 100 Tahun Kemerdekaan Indonesia Membangun Kemandirian Bangsa, Mewujudkan Kesejahteraan Rakyat” dengan pembicara Ir H. Aburizal Bakrie (ARB) selaku Ketua Umum DPP Partai Golkar. Acara ini berlangsung pada 17 Januari di ruang Serbaguna Fakultas Teknik (SGFT) Ubaya.

Acara ini diikuti oleh para anggota pejabat dari Partai Golkar, dosen dan mahasiswa Ubaya. Acara diawali Laporan oleh Sahat Tua Simanjuntak SH selaku Pengurus Pusat IKA Ubaya, kemudian dilanjutkan sambutan dari Rektor Ubaya, Prof Ir Joniarto Parung MMBAT PhD. “Negara Indonesia ini belum mandiri karena negara kita ini masih dalam tahap pembangunan,” ujar Prof Joni. Sambutan terakhir sekaligus meresmikan pembukaan acara ini dilaksanakan oleh Pakde Karwo selaku Gubernur Jawa Timur. “Kami medukung secara penuh acara ini,” ungkapnya

Kegiatan dibagi menjadi dua sesi yaitu pemaparan pemikiran dari ARB mengenai tema tersebut yang kemudian disambung dengan Dialog Interaktif. Di sesi pemaparan pemikiran, ARB mengungkapkan bahwa pembangunan pada dasarnya adalah pembangunan manusia bukan pembangunan ekonomi. “Merekalah nanti yang dapat mengubah bangsa. Akan tetapi pembangunan ekonomi juga perlu untuk suksesnya pembangunan nasional untuk pemerataan pembangunan manusia,” paparnya. Pada sesi Dialog Interaktif beberapa peserta memaparkan pertanyaan kepada calon presiden 2014 ini.