Mahasiswa Vietnam Suka Soto Ayam Berharap Bisa Bekerja di Indonesia fadjar January 21, 2013

Mahasiswa Vietnam Suka Soto Ayam Berharap Bisa Bekerja di Indonesia

suarasurabaya.net – Bagi Tran Nguyen Quiyinh gadis asal Vietnam yang saat ini sedang menjadi mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Soto Ayam adalah makanan favotinya selain Nasi Goreng.

Ada irisan daging Ayam, mie putih, dan kuahnya yang segar. Saya memang suka daging Ayam. Digoreng atau dimasak apa saja saya suka. Di Malang saya berkenalan Soto Ayam. Ternyata enak dan saya suka sekali,’ terang Tran.

Ditemui suarasurabaya.net, usai mengikuti lomba baca berita di lantai 5 perpustakaan Universitas Surabaya (Ubaya), Rabu (16/1/2013) Tran mengaku suka makanan Indonesia terutama makanan tradisional seperti Soto Ayam.

‘Beberapa makanan saya suka. Nasi Goreng, Sate Ayam dan Soto Ayam. Tetapi yang paling saya suka dan hampir tiap hari makan didekat kampus Soto Ayam. Favorit saya memang Soto Ayam. Enaaakkk,’ ujar Tran sembari mengacungkan jempolnya.

Meski baru 4 bulan tinggal di Indonesia khususnya di Kota Malang, Tran mengaku kerasan dan tidak ada masalah dengan adaptasi serta makanan yang harus dikonsumsi sehari-hari. ‘Hampir sama, rasanya dan aromanya, seperti makanan Vietnam,’ sambung Tran.

Demikian juga dengan Bahasa Indonesia, Tran mengaku tidak kesulitan mempelajarinya. ‘Sepertinya lebih sulit belajar Bahasa Vietnam, dibandingkan dengan belajar Bahasa Indonesia,’ lanjut gadis berusia 22 tahun ini.

Dibandingkan dengan peserta lainnya, olah vokal dan intonasi serta penguasaan vokal Tran memang tergolong lebih bagus. ‘Saudara saya memang ada yang sudah tinggal dan bekerja di Indonesia. Saya juga berharap bisa bekerja di Indonesia,’ tukas Tran.

Selintas, kata Tran yang untuk pertamakalinya meninggalkan tanah kelahirannya dan langsung studi di Indonesia, budaya Vietnam dan Indonesia tidak terlalu jauh berbeda. Demikian juga dengan masyarakatnya. ‘Masyarakat disini ramah. Saya senang,’ pungkas Tran Nguyen Quiyinh mahasiswa UMM asal Vietnam saat berbincang dengan suarasurabaya.net, Rabu (16/1/2013).(tok)

Lihat juga:

Video: Ketika ‘Bule’ Baca Berita Berbahasa Indonesia

Sumber: SuaraSurabaya.Net