THE 1st NATIONAL BUSINESS INOVATION COMPETITION (BINNOVA) JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS BISNIS DAN EKONOMIKA fadjar October 30, 2012

THE 1st NATIONAL BUSINESS INOVATION COMPETITION (BINNOVA) JURUSAN MANAJEMEN FAKULTAS BISNIS DAN EKONOMIKA

Jurusan Manajemen ndash; Fakultas Bisnis dan Ekonomika UBAYA mengadakan kompetisi nasional Inovasi Bisnis yang pertama. Lomba ini diadakan untuk mahasiswa S1 yang bertujuan untuk mengembangkan kreativitas dan daya nalar mahasiswa dalam melakukan inovasi bisnis.

Tema The First BINNOVA adalah “Innovating Ecotourism, at IOC (Integrated Outdoor Campuss) UBAYA”. Tema “Ecotourism” diangkat karena yang menjadi objek The First BINNOVA adalah Kampus 3 UBAYA yaitu IOC di Trawas.

Rangkaian acara The First BINNOVA dimulai dengan melakukan touring di IOC. Seluruh peserta diajak berkeliling melihat berbagai objek yang ada di IOC yang akan menjadi bahan dalam membuat proposal inovasi bisnis. Objek-objek tersebut adalah: tempat pengolahan limbah, taman toga, peternakan domba, pertanian organik dan kebun salak. Selesai touring, seluruh peserta diberi penjelasan tentang manajemen IOC dan diberi kesempatan untuk menanyakan berbagai aspek tentang IOC yang menjadi bahan dalam pembuatan proposal inovasi bisnis.

Peserta kompetisi diberi waktu 2 minggu untuk menyusun inovasi bisnis. Setelah dilakukan review proposal inovasi bisnis terpilih 5 peserta TERBAIK untuk mengikuti babak final yaitu 3 peserta dari UBAYA dan 2 peserta dari Universitas Tarumanegara Jakarta, dan Universitas Atma Jaya Yogyakarta. Babak final dilaksanakan tanggal 22 September 2012.

Pada babak final ini seluruh peserta melakukan presentasi dan tanya jawab dengan alokasi waktu 30 menit. Juri pada lomba BINNOVA ini adalah Bapak Dr. Deddy Marciano dari Jurusan Manajemen UBAYA, Bapak Darmo Handoyo selaku Direktur IOC, dan Ibu T. Anita Sonya Lestari, SS selaku asesor bidang Ecotourism. Dalam lomba ini, selain peserta harus menjawab pertanyaan dari dewan juri, peserta juga harus menjawab pertanyaan dari audience yang dalam hal ini adalah para praktisi juga stakeholder yang diundang oleh Jurusan Manajemen. Di sini diuji ketangguhan mahasiswa untuk mampu meyakinkan bahwa inovasi bisnis yang disampaikan adalah kredibel.

Dari hasil penjurian, pemenang pertama The First BINNOVA adalah tim ”WISATA ENERGI” dari Program Studi Teknik Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta (Priska Eudia Hehanussa, Yunda Bella Paramitha, dan Laurent Sanjaya), pemenang kedua dan ketiga adalah ”Harvest Team” (Fransisca Soetjiono, Neal Alfred Wilona, dan Clorinda Karunia) dan ”IOC Challenge” (Harkit Dwi Hargo, Vina Veriana, dan Oey Irwan B.W.) yang merupakan peserta dari Jurusan Manajemen FBE UBAYA.

BINNOVA merupakan acara tahunan Jurusan Manajemen. Mari bergabung kembali di The Second BINNOVA 2013, bekerja sama dengan PT Wonokoyo. VIVA JMFBE UBAYA.