Elektro Ubaya Berjaya di Lomba Robot fadjar October 24, 2012

Elektro Ubaya Berjaya di Lomba Robot

Elektro Ubaya kembali berjaya di lomba robot se-Jawa Bali yang dilaksanakan di Universitas Negeri Malang pada tanggal 9-11 Oktober 2012 yang lalu. Dalam lomba yang bertajuk ”Line Tracer Design and Contest” ini robot Ubaya harus beradu cepat dengan tim lain dalam menyusuri track yang telah disediakan. Hasilnya dua tim yang dikirim ubaya merebut Juara 2 atas nama tim ”Wien Gan” dan Juara 4 atas nama tim ”JTK” dengan mengalahkan 38 tim yang ikut serta dalam lomba tersebut.

Dalam lomba ini, Elektro Ubaya mengirimkan dua tim yang masing masing beranggotakan 2 mahasiswa. Tim pertama adalah ”JTK” beranggotakan Ari Bengnarly Tanjung (angkatan 2009) dan Arbil Yodinata (angkatan 2010), sedangkan tim kedua, ”Wien Gan”, beranggotakan William Hans Arifin (angkatan 2009) dan Benedict Felix Josman (angkatan 2011). Masing masing anggota mempunyai tugas dan keahlian tersendiri. Ari bertanggung jawab pada bagian elektronik, sedangkan mekanik berada ditangan Arbil dan Felix. Urusan programming menjadi tanggung jawab Ari dan William. Dengan kerja keras siang dan malam, persiapan selama sebulan itu akhirnya membawa hasil yang menggembirakan. Berbagai hambatan dan rintangan seperti kerusakan PCB, kerusakan motor, maupun kerusakan mikrokontroller berhasil diatasi oleh tim dalam waktu waktu yang krusial. Tidak salah jika semangat yang selalu diteriakkan oleh Bapak Hendi Wicaksono, selaku pembimbing bahwa ”Target kita bukan hanya ikut bertanding tetapi target kita adalah MENANG” akhirnya terwujud.

Dalam perjalanan ke tangga Juara, Wien Gan diantaranya mengalahkan tim kuat EEI AGS dari Politeknik Malang di fase 20 besar dan tim Magnet 10 dari Universitas Brawijaya di fase 10 besar. Sedangkan tim JTK mengalahkan tim Ababil dari UNESA di fase 20 besar dan tim Laskar Pakuan dari Universitas Pakuan Bogor di fase 10 besar. Hingga akhirnya kedua tim Elektro Ubaya masuk ke putaran final 5 besar.

Capaian kali ini menjadi pelecut semangat bagi Elektro Ubaya dalam pengembangan dunia robot. Apalagi dalam dua bulan kedepan, Elektro Ubaya akan mengikuti Kontes Robot Pemadam Api tingkat Nasional yang merupakan ajang bergengsi antar perguruan tinggi untuk beradu cerdas dalam mendesain dan memprogram robot pemadam api. Sukses jaya selalu robot-robot Elektro Ubaya.