Kapuspenkum Kejaksaan Agung RI Motivasi Maharu FH Tentukan Arah fadjar August 18, 2012

Kapuspenkum Kejaksaan Agung RI Motivasi Maharu FH Tentukan Arah

Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Republik Indonesia Bapak Adi Toegarisman SH MH MBL hadir di kampus tercinta Universitas Surabaya (Ubaya) . Kali ini bukan untuk mengungkap suatu kasus, tetapi alumni Fakultas Hukum (FH) Ubaya ini, hadir untuk berbagi kisah kepada Mahasiswa Baru (Maharu) 2012-2013 khususnya maharu FH Ubaya.

Agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya oleh fakultas dengan ciri khas warna merah ini bertujuan memotivasi para maharu dalam mengambil keputusan. Mulai dari mengawali karir pembelajaran di FH Ubaya hingga mereka lulus nanti. Acara tersebut diawali dengan perkenalan para Dosen dan Karyawan FH Ubaya oleh Irta Windra Syahrial SH MS selaku dekan FH. Berlanjut pemberian cinderamata kepada alumni Adi Toegarisman SH MH MBL yang akan mengisi sesi Success Story.

Tidak lupa , dekan FH beserta moderator juga memberikan sebuah tayangan video motivasi Derek Don’t Give Up kepada para maharu. Pemutaran tayangan tentang ‘Derek’ ini bertujuan agar mahasiswa punya daya juang sehingga tidak cepat down dimasa perkuliahan. ”Walaupun mengalami kesulitan apapun, akan tetap ada para dosen yang siap membantu hingga ia dapat berjuang secara mandiri,” ungkapnya.

Pada sesi Success Story, terlihat antusias mahasiswa dalam mendengar pengalaman Adi saat ia menjalani kuliah di ubaya pada tahun 80-an yang lalu. Ia menuturkan bahwa perkuliahan S1 Hukum di Ubaya sangatlah memberi banyak ilmu dalam dunia pekerjaannya saat ini. Dan lulusan FH Ubaya ini dinilainya sebagai lulusan yang memiliki wawasan sangat luas dibanding lulusan Universitas lain.

Tidak hanya itu, mantan aktivis organisasi mahasiswa ini juga menuturkan agar para mahasiswa juga dapat mengikuti segudang organisasi yang telah disediakan oleh Ubaya. “Pengalaman berorganisasi akan kalian dapatkan pada saat jenjang pendidikan di Universitas , jadi jangan sia-siakan kesempatan ini,” jelas Adi. Dilanjut dengan ceritanya setelah lulus menjadi sarjana Hukum, pengalaman di dunia kerja juga ia ceritakan kepada seluruh maharu FH hingga bagaimana seorang Adi Toegarisman SH MH MBL mencapai posisi sebagai Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Republik Indonesia.

Tidak lupa pria alumni Ubaya ini juga berpesan kepada seluruh maharu FH untuk tidak cepat merasa puas dari apa yang mereka dapat saat ini, masih banyak yang harus mereka capai untuk kedepannya. “Tidak ada kesuksesan dalam ukuran materi , tetapi juga bagaimana membangun kesan positif terhadap lingkungannya. Berlakulah secara konsisten!”

Usai sesi Success Story, acara dilanjut dengan sesi tanya jawab antara maharu dan pembicara. Satu per satu maharu mengacungkan tangannya dan melontarkan berbagai pertanyaan. Tidak berhenti disana , para maharu pun juga memberikan sebuah yel-yel MOB 2012 di depan Kapuspenkum dengan semangatnya. Fakultas Hukum , Mantap ! (yoo/wu)