Sepeda Bersama, Peringati Hari Bumi fadjar April 25, 2012

Sepeda Bersama, Peringati Hari Bumi

Dalam rangka memeringati Hari Bumi, Kompas bekerjasama dengan Ubaya mengadakan kegiatan Green Bike Fest yang juga merupakan serangkaian acara Dies Natalis Ubaya ke-44. Setelah sebelumnya dilakukan penanaman pohon di berbagai titik di Surabaya, tibalah pada acara puncak yaitu Green Bike Fest yang diikuti sekitar 7.500 peserta dari berbagai kalangan. Acara yang dihadiri oleh Pakde Karwo, Gubernur Jawa Timur tersebut dimulai tepat pukul enam pagi. Dalam acara kali ini, pria berkumis tersebut berkesempatan melepas keberangkatan para peserta. ‘Terima kasih untuk Ubaya dan semua yang telah bekerjasama. Nanti hadiahnya saya tambah sepeda motor ya. Hati-hati di jalan dan semoga tambah sehat. Buat Ubaya semoga tambah berjaya,’ sambutnya sembari bercanda.

Rute yang ditempuh pada fun bike kali ini sepanjang 27 kilometer, melewati jembatan Merr dan juga Tambak Sari. Setelah sekitar satu jam, para peserta sudah mulai memasuki finish yang bertempat di Ubaya tenggilis. Rektor Ubaya, Prof Ir Joniarto Parung MMBAT PhD juga memberikan sambutannya. “Terbukti banyak warga yang masih peduli terhadap lingkungan. Tidak hanya air, tanah, tapi juga udara yang diwujudkan melalui tanam pohon dan fun bike ini. Semoga kita semua bisa mewariskan bumi yang lebih baik untuk generasi mendatang,” ucapnya. Dilanjutkan oleh Redaktur Pelaksana Harian Kompas, Budiman Tanuredjo mengatakan bahwa pihaknya akan menggelar kegiatan semacam ini tiap tahunnya sebagai wujud kerjasama warga sipil dan walikota dalam menciptakan bumi yang bersih dan sehat.

Tri Rismaharini selaku Wali Kota Surabaya yang juga hadir dalam acara kali ini menyatakan bahwa Surabaya dalam masa mendatang akan bebas dari banjir. “Terima kasih untuk semua pihak yang telah berusaha menyelamatkan bumi terutama Surabaya. Ramalannya kota-kota di Indonesia akan tenggelam tapi tidak untuk Surabaya karena warganya sudah mulai mengerti kebersihan lingkungan,” ujar wanita ramah tersebut. Bu Risma, yang masuk dalam daftar wali kota terbaik sedunia ini juga mengatakan bahwa Surabaya sendiri termasuk daerah dengan pengelolaan lingkungan terbaik di Asia.

Fun bike kali ini juga menghadiahkan berbagai doorprize, diantaranya ada sepeda. Ulfaturohmania yang datang bersama sang ayah mengungkapkan kegembiraannya ketika nomor undiannya dinyatakan sebagai pemenang hadiah sepeda. “Acaranya bagus dan meriah. Saya baru kali ini ikut dan langsung menang, senangnya tidak bisa diungkapkan dengan kata-kata,” kesannya. (tif)