Peringkat Universitas Surabaya Selain Meroket di Peringkat Webometrics Juga Meningkat di Peringkat yang Dirilis 4 International Colleges Universities Edisi 2012 fadjar February 14, 2012

Peringkat Universitas Surabaya Selain Meroket di Peringkat Webometrics Juga Meningkat di Peringkat yang Dirilis 4 International Colleges Universities Edisi 2012

Pada tahun 2012, prestasi cukup menggembirakan diraih oleh Universitas Surabaya. Seperti diberitakan sebelumnya pada Webometrics edisi terbaru Januari 2012, posisi situs Universitas Surabaya mendapatkan lonjakan yang cukup signifikan, bahkan lebih tinggi dari posisi tertinggi yang sebelumnya pernah diraih. Secara mengejutkan, pada edisi terbaru ini situs web Ubaya menempati posisi 2251, atau meningkat sebanyak 3960 peringkat dari peringkat 6211!. Adapun rincian peringkat untuk tingkat dunia adalah sebagai berikut: Size: 998, Visibility: 814, Rich Files: 5219, Scholar: 5533. Untuk peringkat perguruan tinggi di Indonesia, Universitas Surabaya menempati peringkat 33 dari seluruh perguruan tinggi negeri maupun swasta. Di tingkat Asia Tenggara (South-East Asia), Universitas Surabaya menempati peringkat 93!.

Selain pada Webomterics, lonjakan yang cukup signifikan juga diperoleh oleh Universitas Surabaya pada daftar peringkat 4icu yang dirilis pada tahun 2012. Pada edisi 2011, Universitas Surabaya menempati posisi 3.072 dari 11.000 lebih perguruan tinggi di dunia, dan menempati urutan ke 25 dari 151 perguruan tinggi swasta maupun negeri di Indonesia. Pada edisi terbarunya di tahun 2012, Universitas Surabaya berhasil menempati peringkat 2.495, atau melonjak sebanyak 577 peringkat sekaligus. Di tingkat Indonesia, peringkat Universitas Surabaya naik ke peringkat 19 dari sebanyak 318 perguruan tinggi negeri maupun swasta.

Sekilas tentang 4icu.org

4icu merupakan singkatan dari 4 International Colleges Universities, sebuah search engine dan direktori dari perguruan tinggi di seluruh dunia yang terakreditasi. Situs ini juga melakukan penilaian dan menerbitkan peringkat perguruan tinggi lebih dari 200 negara di dunia, di mana saat ini sudah leih dari 9200 perguruan tinggi sudah tercakup dalam basis datanya.

Demi menjaga kualitas penilaian dan peringkat yang diterbitkan, ada beberapa kriteria yang wajib dipenuhi oleh organisasi pendidikan yang dicantumkan dalam daftar maupun peringkat, antara lain:

  • Mendapatkan pengakuan atau terakreditasi dari organisasi pendidikan di tingkat nasional atau regional, seperti Departemen Pendidikan Nasional atau lembaga akreditasi yang ada.
  • Berhak secara resmi menerbitkan ijazah Sarjana dan/atau Pasca Sarjana
  • Menyediakan proses belajar-mengajar yang berbasis tatap muka
  • Memiliki situs web resmi yang dapat diakses secara online

Organisasi pendidikan yang hanya memiliki pendidikan non gelar 2 tahun ke bawah, atau hanya memberikan pendidikan jarak jauh, maupun yang tidak memenuhi kriteria tersebut di atas tidak dimasukkan dalam daftar.

Untuk menentukan peringkat yang ada 4icu.org memiliki sebuah algoritma khusus yang didasarkan pada data yang dianggap tidak bias dan independen yang diperoleh dari beberapa search engine: Google Page Rank, Yahoo Inbaound Links, dan Alexa Traffic Rank. Peringkat ini disusun untuk menentukan seberapa populer situs web dari perguruan tinggi yang terkait di tingkat dunia, dan tidak terkait secara langsung dengan kualitas dari pendidikan atau layanan yang diberikan, bukan peringkat akademis.

Ditulis oleh:

Stephanus Eko Wahyudi
Direktur Sistem Informasi Manajemen