Dosen Ubaya Teliti Kertas Berbahan Jerami fadjar December 15, 2011

Dosen Ubaya Teliti Kertas Berbahan Jerami

Dosen Ubaya Teliti Kertas Berbahan Jerami

TENGGILIS MEJOYO ndash; Membuat kertas berbahan batang jerami? Kenapa tidak. Bahkan, dari hasil penelitian dosen Teknik Kimia Universitas Surabaya (Ubaya) Natalia Suseno, kertas juga bisa dibuat dari bahan baku lain, seperti daun nanas, serat garut, dan kulit jagung.

‘Bahan baku lain tentu kertas bekas yang mudah ditemukan di kantor-kantor administrasi. Biar tidak hanya dibuang, tapi dapat dimanfaatkan lebih baik lagi,’ ujar Natalia kemarin.

Dia menjelaskan, melalui penelitian itu, pihaknya ingin mengubah mindset bahwa kertas tak hanya terbuat dari serbuk kayu. Tetapi, ada alternatif bahan pembuat kertas, yakni serat yang mengandung selulosa. ‘Yang jelas, kalau lebih dari 30 persen kadar selulosanya, bisa dibikin kertas,’ ujarnya.

Serat kayu memiliki selulosa 38ndash;42 persen. Sedangkan selulosa nonkayu 30ndash;40 persen. ‘Jerami juga punya kadar selulosa yang cukup untuk membuar kertas,’
imbuh Natalia.

Pembuatan kertas tersebut cukup mudah. Kemarin dia langsung mempraktikkan cara membuat kertas dengan bahan baku jerami. Proses itu dimulai dengan menggiling jerami kering sampai halus dengan ukuran tertentu. Selanjutnya, bahan tersebut dimasak dengan larutan kimia. Proses tersebut digunakan untuk memisahkan selulosa dengan lignin yang terdapat pada serat.

‘Diatur juga konsentrasi larutan kimianya, pun suhu dan waktu pemasakan. Itu salah satu yang mempengaruhi kualitas kertas,’ ujarnya. Setelah dimasak, kertas
tersebut akan menjadi bubur kertas yang siap dicetak.

Alumnus ITS itu pun menunjukkan beberapa hasil kertas yang sudah jadi. Pada kertas berbahan baku jerami, masih terlihat tekstur serbuk jerami yang tersebar. Saat dipegang, kertas itu juga terasa lebih kaku daripada kertas tulis yang biasa ditemui di pasaran. Ada pula kertas dari beberapa bahan lain yang telah dipajang di etalase laboratorium. Namun, terang Natalia, kertas hasil penelitiannya itu masih butuh penyempurnaan lagi. (jun/c11/hud)

Dikutip dari: Jawa Pos, Kamis 15 Desember 2011

Ubaya Produksi Kertas dari Jerami Padi

Rabu, 14 Desember 2011
SURABAYA I SURYA Online – Universitas Surabaya (Ubaya) terus mengembangkan penelitian pengembangan bahan baku produksi kertas. Setelah sebelumnya sukses memanfaatkan limbah tanaman nanas, jagung, hingga serat garut, kini dikembangkan bahan baku dari serat limbah jerami padi.

Saat ini, bahan baku itu terus dikembangkan untuk mendapatkan kualitas kertas yang maksimal. Selain kuat karena seratnya banyak juga kandungan lignin rendah sehingga kertas mudah larut begitu kena air.

“Ini terus kita kembangkan agar menghasilkan selusa tinggi dan kandungan lignin makin ditekan. Semua agar kualitas kertas makin bagus dan makin kuat,” kata Natalia Suseno, dosen Teknik Kimia Ubaya, saat ditemui di Laboratorium Polimer dan Membran Fakultas Teknik, Rabu (14/12/2011).

Natalia dibantu asistennya yang juga seorang laboran, Diah Ayu Ambarsari, menunjukkan jerami padi yang sudah dihancurkan. Biasanya, bahan baku serat alam untuk kertas menghasilkan separo dari bahan baku. Misalnya, 10 kg jerami bisa menghasilkan 5 kg kertas.

Dikutip dari: https://www.surya.co.id