Company Visit Mahasiswa Fakultas Hukum Ubaya ke PT Ajinomoto Indonesia fadjar December 3, 2011

Company Visit Mahasiswa Fakultas Hukum Ubaya ke PT Ajinomoto Indonesia

Company Visit atau kunjungan mahasiswa ke perusahaan merupakan bentuk kegiatan studi mahasiswa diluar kampus. Untuk kesekian kalinya, Ubaya kembali menjalin relasi dengan perusahaan lain. Rabu, 30 November 2011, sejumlah mahasiswa Fakultas Hukum Ubaya melakukan kunjungan ke PT Ajinomoto Indonesia yang berlokasi di Mojokerto.

Kunjungan ini dilaksanakan terkait dengan mata kuliah kejahatan korporasi. Dan sebagian besar peserta company visit ini adalah mahasiswa semester tiga.

Kedatangan rombongan dari FH Ubaya disambut hangat oleh kepala humas PT Ajinomoto, Slamet Lestari. Beliau membuka kegiatan dengan perkenalan dan sambutan singkat. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan dari Dr Elfina Lebrine Sahetapy SH LLM, salah satu dosen pengajar mata kuliah kejahatan korporasi. Beliau mempunyai alasan khusus memilih perusahaan yang telah berdiri lebih dari 40 tahun ini sebagai tempat tujuan company visit. “PT Ajinomoto adalah korporasi besar dan pastinya memiliki manajemen yang sangat baik,” tukasnya.

Slamet Lestari pun mengawali kegiatan ini dengan presentasi tentang proses produksi serta prosedur kerja dalam PT Ajinomoto kepada mahasiswa Ubaya. Para mahasiswa tidak hanya sekedar mendengarkan isi presentasi tetapi juga aktif terlibat dalam sesi tanya jawab. Hal ini menjadi kesan tersendiri bagi Slamet. “Tidak menyangka bahwa mahasiswa Ubaya begitu antusias dan aktif dalam kunjungan ini,” tuturnya.

Adapun, tujuan dari kegiatan ini adalah supaya mahasiswa dapat mengetahui dan belajar secara langsung bagaimana prinsip ndash; prinsip etika yang diterapkan pada korporasi. Selain itu kegiatan company visit ini juga sebagai alternatif dalam perkuliahan mahasiswa. “Mahasiswa tidak hanya selalu belajar dengan mengacu pada textbook saja, tetapi juga dapat melihat praktiknya dalam perusahaan secara langsung,” papar Elfina.

Dengan kegiatan company visit ini diharapkan pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah yang bersangkutan semakin meningkat. Tentunya dari kegiatan ini pula memberi banyak ilmu baru yang diperoleh mahasiswa. Di penghujung kegiatan, Ubaya memberikan cinderamata kepada PT Ajinomoto dan sebaliknya sebagai tanda terima kasih. (re1/wu)