Jurusan Teknik Informatika Mengadakan Kuliah Tamu Dengan Pembicara Alumni Informatika Pembuat Si Hebring fadjar November 9, 2011

Jurusan Teknik Informatika Mengadakan Kuliah Tamu Dengan Pembicara Alumni Informatika Pembuat Si Hebring

Jurusan Teknik Informatika kembali mengadakan kuliah tamu pada tanggal 8 Nopember 2011. Kuliah tamu yang diadakan di Lab Komputer TC 4 kali ini berupa Workshop Pembuatan Animasi Karakter dengan Blender 3D. Adapun yang menjadi pembicara adalah Mohammad Fardiansyah atau lebih dikenal dengan nama Fafan, salah satu alumni Jurusan Teknik Informatika Universitas Surabaya yang saat ini telah sukses bekerja di industri multimedia di tanah air.

Beliau merupakan salah satu founder Main Studios bersama-sama dengan Andi Martin dan Marlin Sugama, sebuah perusahaan multimedia yang didirikan pada tahun 2007. Perusahaan yang bergerak di bidang game dan animasi 3D ini, di usianya yang masih sangat muda telah menelurkan beberapa karya animasi yang telah mendapatkan berbagai penghargaan di tingkat nasional maupun dunia. Salah satu karya fenomenal yang sudah tidak asing lagi di dunia animasi Indonesia adalah serangkaian animasi dengan tokoh si Hebring, seorang super hero yang dikisahkan berasal dari Betawi.

Si Hebring telah memenangkan penghargaan sebagai Winner pada INAICTA 2007 dan 2009, Winning Participant ASIAGRAPH Tokyo 2009, Finalis Blender Foundation’s Suzanne Awards Amsterdam 2010, dan banyak lagi. Selain itu animasi ini juga telah mendapatkan kesempatan untuk ditampilkan dalam berbagai Festival Film maupun animasi tingkat dunia. Karya terbaru Main Studios adalah Dazu, yang pada tahun 2011 ini menjadi salah satu finalis Animasi Digital terbaik dalam pegelaran INAICTA (Indonesia ICT Award) 2011, dan dalam waktu dekat akan bertarung di sebuah kompetisi tingkat dunia di Amsterdam.

Dazu from Andi Martin on Vimeo.

Pada kesempatan kali ini Fafan memberikan bekal ilmu dasar animasi 3D dengan menggunakan Blender. Beliau memaparkan berbagai tips untuk pembuatan animasi yang sesuai dengan standar industri. Dimulai dengan pengenalan berbagai tools animasi yang tersedia, mahasiswa diminta untuk membuat sebuah animasi sederhana yang seringkali dijadikan bahan acuan Fafan dalam menerima staf yang akan bekerja di perusahaannya. Selama acara yang berlangsung kurang-lebih 3 jam ini, para mahasiswa yang sebagian besar berasal dari Program Multimedia Jurusan Teknik Informatika Universitas Surabaya ini nampak begitu antusias untuk mendengarkan maupun mencoba berbagai arahan yang diberikan.

Bu Melissa Angga, S.T., MMComp yang merupakan Koordinator Program Multimedia sekaligus Kepala Laboratorium Multimedia Universitas Surabaya mengatakan, acara ini diselenggarakan untuk membuka wawasan mahasiswa terhadap dunia animasi 3D, mulai dari alternatif free/open source softwares, serta tips untuk bekerja di bidang multimedia, khususnya pada bidang pembuatan animasi 3D. Bagi Fafan sendiri, kesempatan kali ini dianggap sebagai salah satu bentuk keperdulian terhadap almamaternya, dengan mempersembahkan keahliannya yang telah membawanya ke kancah persaingan tingkat internasional.

laporan: Stephanus Eko Wahyudi, ST., MMM