Workshop LP3PKK, Para Ibu Jadi Heboh fadjar April 19, 2011

Workshop LP3PKK, Para Ibu Jadi Heboh

Ubaya Training Center (UTC), Trawas kali ini dihebohkan para ibu dengan kegiatan workshop Latihan Pengelolaan Program dan Penyuluhan PKK (LP3PKK). Tak sendirian, Penggerak PKK Kabupaten Mojokerto sebagai penggagas kegiatan ini menggandeng pula LPPM Ubaya sebagai fasilitator. Dihelat pada 15-16 April silam, workshop tersebut dihadiri pula oleh Bupati Mojokerto, Ketua TP PKK Dr hj Ikfina Mustofa Kamal Pasa, didampingi Rektor Ubaya Prof Drs ec Wibisono Hardjopranoto MS serta Ketua LPPM Ubaya Prof Dr Jatie K Pudjibudojo SU Psi.

Dalam sambutannya, H Mustofa menyampaikan bahwa keberadaan PKK sebagai sebuah jaringan yang luas akan menjadi kekuatan besar yang berfungsi sebagai modal dasar pembangunan. Workshop inipun diharapkan mampu meningkatkan kualitas SDM melalui PKK sebagai awalnya. “Dengan kualitas SDM dari para pengurus PKK yang sudah baik, penerjemahan program kerja tentu akan lebih baik. Kegiatan yang adapun jelas berguna bagi masyarakat sekitar,” buka Bupati Mojokerto ini.

Acara sejenis inipun sengaja dibuat untuk meningkatkan skill dan knowledge pengurus PKK beserta anggota agar bisa mewujudkan program kerja secara nyata. Arief Budhyantoro selaku ketua pelaksana kegiatan ini menegaskan pula pentingnya kebersamaan dan komunikasi antar pengurus dengan anggota. “Menumbuhkan kebersamaan dan komunikasi antar pengurus antar pengurus PKK dari lain daerah juga penting. Kita juga mengajarkan peserta membangun link,” terang pria kelahiran Samarinda ini.

Dalam mempersiapkan kegiatan ini, beberapa kendala pun dihadapi panitia. Salah satunya adalah jarak yang cukup jauh dari tempat lokasi sehingga kurang intensif mengomunikasikan persiapannya dengan panitia Penggerak PKK. Mengoordinir para narasumber pun cukup sulit sebab sempat berganti-ganti beberapa kali. “Namun masalah komunikasi bisa diatasi dengan koordinasi yang baik. Persiapan lainnya yang pasti kesiapan fisik,” tukas Arief lagi.

161 peserta yang terdiri dari para ibu PKK pun sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Terbukti dengan kesan yang diberikan Kuntarini, salah seorang peserta. “Senang sekali ada di sini, dengan kegiatan ini saya harap bisa merukunkan dan mengakrabkan antar kelompok,” tukas wanita yang bergabung di PKK Kabupaten Mojokerto ini. (cns)