Serial Keempat KWU 2010: BBB(Bukan Bakat Biasa) fadjar December 20, 2010

Serial Keempat KWU 2010: BBB(Bukan Bakat Biasa)

Kewirausahaan kelas kami yaitu kelas pararel H memilih untuk mengadakan acara pencarian bakat untuk kalangan umum yang dinamakan dengan BBB ( Bukan Bakat Biasa ) berlangsung pada minggu ke 11 perkuliahan KWU yaitu dari Senin sampai Minggu (22 November 2010 -28 November 2010). BBB ( Bukan Bakat Biasa ) adalah ajang pencarian bakat untuk kalangan umum dimana dari usia muda sampai usia tua pun dapat mengikutinya dengan batas syarat usia maksimal 30 tahun, bisa perorangan atau grup ( apabila grup maksimal 15 orang ), dan peserta yang telah mendaftar dapat menampilkan bakat apapun di BBB. Proses pendaftaran BBB dapat dilakukan dengan datang langsung ke Galeri FBE Ubaya ataupun secara online dan untuk peserta BBB yang telah mendaftar harus mengikuti TM ( Technical Meeting ) yang diadakan oleh pihak panitia BBB.

Acara BBB kami bagi menjadi 3 ( tiga ) tahap, yaitu audisi, semifinal, dan final. Untuk audisi, kami panitia BBB mengadakan audisi di SGFT yang dimulai dari hari Senin sampai Kamis, dari pukul 13.00 ndash; 17.00 sore. Peserta yang telah mendaftar dan mengikuti audisi BBB sebanyak 51 orang dengan berbagai macam bakat yang ditampilkan, seperti dance, vokal, sulap, bela diri, dll. Selama audisi, terdapat kriteria penilaian yang menentukan peserta untuk dapat lolos ke babak selanjutnya ( semifinal ) yang dinilai oleh 3 juri yang sudah kami pilih dan tentukan, yaitu Roni Kleden ndash; yang merupakan pelatih vokal paduan suara Ubaya, Cindil Little Breakin ndash; Break Dancer, dan Priscillia Linardo ndash; Fotografer dan dinilai dari segi kreatifitas, skill, dan entertain. Masing ndash; masing juri mewakili bakat yang ditampilkan oleh para peserta misal dari bakat dance dan vokal. Penilaian peserta pada saat audisi murni ditentukan oleh juri.

Untuk semifinal dan final BBB diadakan di Food Festival PTC hari Sabtu dan Minggu dari pukul 18.30 ndash; 22.00 malam. Untuk semifinal, peserta yang dapat lolos hanya diambil 10 peserta dari total keseluruhan peserta sebanyak 51 peserta. Ke ndash; 10 peserta tersebut adalah Nana Feby ( vokal ), Vanessa Axelia ( vokal ), Luke ( vokal ), 4 Sekawan ( vokal ), Serumai Revolution ( Wushu ), RCC ( dance ), Paparo ( dance ), Scretch ( dance ), Irvan Edward ( sulap ), Natasha Tania ( biola ). Untuk kriteria penilaian pada saat semifinal yaitu dinilai dari segi kreatifitas, skill, entertain, penguasaan panggung, dan kostum. Penilaian peserta pada saat semifinal ditentukan oleh 60 % dari juri dan 40 % dari voting penonton atau supporter. Untuk voting penonton atau supporter, kami menyediakan kertas voting dengan harga perlembarnya adalah Rp 1.000, 00 untuk mendukung para peserta pilihannya. Selain itu, kami dari pihak panitia BBB juga menyediakan LRV ( Live Report Video ). LRV ( Live Report Video ) adalah penampilan peserta yang direkam secara langsung kemudian disiarkan dalam bentuk video di beberapa laptop yang kami sediakan untuk memudahkan para penonton atau supporter yang belum melihat penampilan peserta semifinal BBB yang telah tampil dapat melihat siaran ulangnya. Selain itu dalam perhitungan voting untuk setiap para peserta dilakukan dengan sangat cepat dan tepat oleh panitia BBB sehingga terdapat adanya hasil voting sementara sampai hasil voting akhir.

Untuk final, peserta yang dapat lolos hanya diambil 5 peserta dari total peserta semifinalis sebanyak 10 peserta. Ke ndash; 5 peserta tersebut adalah Vanessa Axelia ( vokal ), 4 Sekawan ( vokal ), Serumai Revolution ( Wushu ), RCC ( dance ), dan Paparo ( dance ). Kriteria penilaian pun tetap dinilai dari segi kreatifitas, skill, entertain, penguasaan panggung, dan kostum. Penilaian peserta pada saat final pun tetap ditentukan oleh 60 % dari juri dan 40 % dari penonton atau supporter. Untuk final pun LRV tetap disediakan untuk para penonton atau supporter. Selama final, kami dari pihak panitia juga memberikan doorprize kepada para penonton atau supporter yang beruntung yang telah diundi dari kertas voting yang telah mereka beli sebelumnya. Setelah voting ditutup secara resmi maka panitia melakukan perhitungan voting secara cepat dan tepat yang kemudian dapat diketahui siapa saja yang menduduki posisi juara 1, 2, 3 dan runner up. Untuk Juara 1 dimenangkan oleh Serumai Revolution ( Wushu ) dengan membawa pulang hadiah sebesar Rp 5.000.000, 00. Kemudian untuk posisi Juara 2 dimenangkan oleh 4 Sekawan ( vocal group perkusi ) dengan membawa pulang hadiah sebesar Rp 2.000.000, 00. Lalu untuk posisi Juara 3 dimenangkan oleh Vanessa Axelia ( vokal ) dengan membawa pulang hadiah sebesar Rp 2.000.000, 00. Untuk Runner Up dimenangkan oleh RCC ( dance ) dan Paparo ( dance ) dengan membawa pulang hadiah sebesar Rp 500.000, 00.

Acara BBB ( Bukan Bakat Biasa ) ini disponsori oleh Viva White, Eliz, Othopedi, PC Max, Melodia, Istara FM, PT Panca Pilar Tangguh, dan Pakuwon City.

Pelajaran berharga yang kami dapatkan di praktik matakuliah KWU ini sungguh tidak akan terlupakan selama kami menempuh studi di FBE Ubaya. Disini kami berhadapan langsung dengan dunia riil, sehingga kami dituntut untuk mampu mengelola kegiatan ini baik dari aspek kemenarikan acara, cara mempromosikan event BBB ini dan juga dari segi pendanaannya. Semuanya harus kami lakukan secara bertanggungjawab, kreatif, inovatif dan berani mengambil keputusan yang tepat. Terimakasih atas pengalaman ini.

VIVA KWU 2010.