Tim Basket Putri Balikpapan di Porprov IV Kaltim Terancam Tanpa Dua Pilarnya fadjar October 27, 2010

Tim Basket Putri Balikpapan di Porprov IV Kaltim Terancam Tanpa Dua Pilarnya

BALIKPAPAN- Bola Basket merupakan satu dari sekian cabang olahraga (Cabor) yang diunggulkan KONI Balikpapan untuk menjadi penyumbang medali emas pada pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IV Kaltim, Desember mendatang. Sebagaimana pada Porprov III tahun 2006 lalu, tim bola basket Balikpapan mampu membuktikan diri sebagai yang terbaik di Kaltim.

Pada Poprov mendatang yang rencananya bergulir mulai 11-19 Desember di Bontang, Balikpapan pun bertekad merebut dua medali emas melalui tim basket putra dan putri. Tapi, seiring berjalannya waktu, terutama di kelompok putri, tim basket putri Balikpapan terancam tidak dapat diperkuat dua pemain andalannya.

Hal tersebut diungkapkan ketua harian pengcab Perbasi Balikpapan Suryanuddin. “Ya, kami sudah mendaftarkan sebanyak 12 pemain baik putra maupun putri. Hanya masalahnya sekarang, untuk tim putri harus kehilangan dua pemain andalan kami, Gabriel dan Nelly,” ucap Surya -sapaan akrab Suryanuddin.

Kemungkinan absennya dua penggawa tim basket Balikpapan yang juga andalan Kaltim saat merebut medali emas di PON XVII lalu, dikarenakan keduanya akan memperkuat tim basket kampusnya tampil di kejuaraan mahasisa level Asia. “Gabriel dan Nelly akan memperkuat tim basket Ubaya (Universitas Surabaya) yang akan tampil di kejuaraan mahasiswa tingkat Asia di Thailand,” katanya.

Pelaksanaan kejuaraan di Thailand itu hampir bersamaan waktunya dengan pelaksanaan Porprov IV Kaltim. Gabriel dan Nelly akan memperkuat tim basket Ubaya di Thailand mulai 8-16 Desember. “Sebenarnya tidak hanya mereka. Di kelompok putra juga akan kehilangan Danu yang juga memperkuat tim putra Ubaya di kejuaraan yang sama,” timpal Surya. Hanya saja berbeda dengan putri.

Di kelompok putra menurut Surya, stok pemainnya tidak bermasalah karena memiliki kualitas pemain yang merata. “Selain itu pula kepastian Danu sudah jauh-jauh hari, sehingga kami bisa mengubah namanya dalam tim putra. Tapi tidak demikian bagi tim putri,” ungkap Surya. Diterangkan Surya, kepastian bergabungnya Gabriel dan Nelly juga baru diterimanya. “Karena sebelumnya mereka sudah terdaftar dalam 12 pemain Balikpapan di PB Porprov.

Otomatis kami tidak bisa lagi melakukan perubahan. Tapi kami coba terus mengupayakan perubahan nama pemain tersebut. Jika memang tidak bisa, otomatis tim putri hanya akan mengandalkan 10 pemain saja,” beber ketua klub basket Borneo ini.

Dengan absennya Gabriel dan Nelly di tim basket putri Balikpapan, Surya tetap berharap penampilan timnya pada Porprov mendatang tetap solid. “Meski tidak dipungkiri absennya Gabriel dan Nelly berpengaruh pada kekuatan tim kami. Apalagi saya mendapat informasi tim-tim daerah lain akan diperkuat pemain-pemain luar daerah,” tandasnya.

Tim basket Balikpapan sendiri akan kembali memulai latihannya pada awal November mendatang. Rencananya beberapa pilar utama tim putri yang sebagian besar tengah melanjutkan kuliah di Jawa, baru akan bergabung pada medio November nanti.(san)

Dikutip dari Post Metro Balikpapan, 25 Oktober 2010